PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PEMANFAATAN MEDIA CD INTERAKTIF
Abstract
Rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi
pokok bahasan kelangkaan salah satunya dikarenakan penggunaan media yang masih
konvensional, untuk itu penggunaan media berbasis komputer sangatlah diperlukan.
Pemanfaatan media CD Interaktif diharapkan dapat membantu proses pembelajaran
yang selama ini dilakukan dengan menggunakan media konvensional sehingga siswa
lebih termotivasi untuk belajar ekonomi dan memiliki hasil belajar yang tinggi.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah 1) Bagaimana proses pembelajaran
dengan menggunakan media CD Interaktif dapat meningkatkan motivasi dan hasil
belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi pokok bahasan kelangkaan kelas X.2
SMA Negeri Balung semester gasal tahun pelajaran 2011-2012?. 2) Apakah proses
pembelajaran dengan menggunakan media CD Interaktif dapat meningkatkan
motivasi dan hasil belajar siswa dari kategori rendah menjadi kategori tinggi mata
pelajaran ekonomi pokok bahasan kelangkaan kelas X.2 SMA Negeri Balung
semester gasal tahun pelajaran 2011-2012?.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaborasi antara guru dan
peneliti yang bertujuan untuk: 1) Mendiskripsikan proses pembelajaran dengan
menggunakan media CD Interaktif dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar
siswa pada pelajaran ekonomi pada pokok bahasan kelangkaan kelas X.2 SMA
Negeri Balung semester gasal tahun pelajaran 2011-2012. 2) Mengetahui adanya
peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa dari kategori rendah menjadi kategori tinggi melalui pemanfaatan media CD Interaktif pada mata pelajaran ekonomi pada
pokok bahasan kelangkaan kelas X.2 SMA Negeri Balung semester gasal tahun
pelajaran 2011-2012.
Pemilihan media pembelajaran yang tepat dapat membantu dalam proses
pembelajaran. Pemanfaatan media CD Interaktif merupakan media pembelajaran
yang membantu dan mempermudah siswa dalam menganalisi dan memahami
masalah ekonomi (kelangkaan), sehingga siswa termotivasi untuk belajar mata
pelajaran ekonomi pokok bahasan kelangkaan dan memiliki hasil belajar yang baik.
Motivasi siswa dapat dilihat dari minat siswa terhadap pelajaran, semangat siswa
untuk melakukan tugas-tugas belajarnya, tanggung jawab siswa dalam mengerjakan
tugas-tugas belajarnya, reaksi yang ditunjukkan siswa terhadap stimulus yang
diberikan guru, rasa senang dan puas dalam mengerjakan tugas yang diberikan oleh
guru. Hasil belajar siswa adalah hasil yang dicapai siswa yang terwujud pada nilai
yang diperoleh dalam suatu ujian atau ulangan harian.
Penelitian ini dilakukan di kelas X.2 SMA Negeri Balung semester gasal pada
tanggal 11 November 2011 sampai dengan 18 November 2011. Penelitian ini
dilaksanakan dengan 2 siklus yang terdiri dari beberapa tahapan yaitu perencanaan,
pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan
adalah observasi, tes, wawancara, dan dokumen. Penelitian ini menggunakan analisis
data deskriptif kualitatif yaitu memaparkan data yang diperoleh dari hasil
pelaksanaan tindakan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I diketahui skor rata-rata
motivasi yang dimiliki siswa sebesar 4,0 (kategori tinggi) dan mengalami
peningkatan pada siklus II sebesar 4,6 (kategori tinggi). Hasil belajar yang dimiliki
siswa pada siklus pertama yang ditunjukkan dengan nilai rata-rata ulangan harian
siswa sebesar 69,325 dan secara klasikal sebesar 70%, mengalami peningkatan pada
siklus II dimana nilai rata-rata yang dimiliki siswa sebesar 84,25 dan secara klasikal
sebesar 100%. Dari hasil penelitian tersebut diatas menunjukkan pemanfaatan media CD Interaktif dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Peneliti
menyarankan agar guru ekonomi di SMA Negeri Balung menggunakan media
pembelajaran tersebut untuk menunjang proses pembelajarannya.