• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PEMANFAATAN MEDIA CD INTERAKTIF

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi_1.pdf (236.0Kb)
    Date
    2013-12-19
    Author
    Farid Widya Pulandari
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi pokok bahasan kelangkaan salah satunya dikarenakan penggunaan media yang masih konvensional, untuk itu penggunaan media berbasis komputer sangatlah diperlukan. Pemanfaatan media CD Interaktif diharapkan dapat membantu proses pembelajaran yang selama ini dilakukan dengan menggunakan media konvensional sehingga siswa lebih termotivasi untuk belajar ekonomi dan memiliki hasil belajar yang tinggi. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah 1) Bagaimana proses pembelajaran dengan menggunakan media CD Interaktif dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi pokok bahasan kelangkaan kelas X.2 SMA Negeri Balung semester gasal tahun pelajaran 2011-2012?. 2) Apakah proses pembelajaran dengan menggunakan media CD Interaktif dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dari kategori rendah menjadi kategori tinggi mata pelajaran ekonomi pokok bahasan kelangkaan kelas X.2 SMA Negeri Balung semester gasal tahun pelajaran 2011-2012?. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaborasi antara guru dan peneliti yang bertujuan untuk: 1) Mendiskripsikan proses pembelajaran dengan menggunakan media CD Interaktif dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada pelajaran ekonomi pada pokok bahasan kelangkaan kelas X.2 SMA Negeri Balung semester gasal tahun pelajaran 2011-2012. 2) Mengetahui adanya peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa dari kategori rendah menjadi kategori tinggi melalui pemanfaatan media CD Interaktif pada mata pelajaran ekonomi pada pokok bahasan kelangkaan kelas X.2 SMA Negeri Balung semester gasal tahun pelajaran 2011-2012. Pemilihan media pembelajaran yang tepat dapat membantu dalam proses pembelajaran. Pemanfaatan media CD Interaktif merupakan media pembelajaran yang membantu dan mempermudah siswa dalam menganalisi dan memahami masalah ekonomi (kelangkaan), sehingga siswa termotivasi untuk belajar mata pelajaran ekonomi pokok bahasan kelangkaan dan memiliki hasil belajar yang baik. Motivasi siswa dapat dilihat dari minat siswa terhadap pelajaran, semangat siswa untuk melakukan tugas-tugas belajarnya, tanggung jawab siswa dalam mengerjakan tugas-tugas belajarnya, reaksi yang ditunjukkan siswa terhadap stimulus yang diberikan guru, rasa senang dan puas dalam mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru. Hasil belajar siswa adalah hasil yang dicapai siswa yang terwujud pada nilai yang diperoleh dalam suatu ujian atau ulangan harian. Penelitian ini dilakukan di kelas X.2 SMA Negeri Balung semester gasal pada tanggal 11 November 2011 sampai dengan 18 November 2011. Penelitian ini dilaksanakan dengan 2 siklus yang terdiri dari beberapa tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, wawancara, dan dokumen. Penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif kualitatif yaitu memaparkan data yang diperoleh dari hasil pelaksanaan tindakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I diketahui skor rata-rata motivasi yang dimiliki siswa sebesar 4,0 (kategori tinggi) dan mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 4,6 (kategori tinggi). Hasil belajar yang dimiliki siswa pada siklus pertama yang ditunjukkan dengan nilai rata-rata ulangan harian siswa sebesar 69,325 dan secara klasikal sebesar 70%, mengalami peningkatan pada siklus II dimana nilai rata-rata yang dimiliki siswa sebesar 84,25 dan secara klasikal sebesar 100%. Dari hasil penelitian tersebut diatas menunjukkan pemanfaatan media CD Interaktif dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Peneliti menyarankan agar guru ekonomi di SMA Negeri Balung menggunakan media pembelajaran tersebut untuk menunjang proses pembelajarannya.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/10618
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15422]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository