Pengaruh Penggunaan Media Aplikasi Android dalam Pembelajaran IPA Materi Gaya dan Gerak terhadap Higher Order Thinking Skills (HOTS) dan Minat Belajar Siswa SMP
Abstract
Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) merupakan ilmu yang mempelajari
berbagai gejala alam dan fenomena yang ada di dalamnya. Pembelajaran IPA
bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, sikap, keterampilan, dan melakukan
kegiatan ilmiah untuk mengembangkan kemampuan berpikir siswa. Pembelajaran
IPA memuat materi yang luas dan terintegrasi, salah satunya yaitu materi gaya
dan gerak. Materi gaya dan gerak sering kali dilaporkan sulit dipelajari oleh siswa
karena memuat konsep-konsep yang kompleks. Masih banyak guru yang
menjelaskan materi dengan ceramah dan mengacu pada buku paket dari sekolah,
sehingga siswa kurang dilibatkan dalam pembelajaran. Oleh karena itu perlu
adanya media pembelajaran untuk menarik minat belajar siswa, salah satunya
adalah media pembelajaran berbasis ICT seperti aplikasi android. Penggunaan
media pembelajaran aplikasi android disertai simulasi dapat membantu siswa
untuk lebih mudah memahami konsep serta melatih kemampuan berpikir siswa
dan memudahkan guru dalam menyampaikan materi pembelajaran.
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk; (1) mengkaji pengaruh penggunaan
media aplikasi android dalam pembelajaran IPA materi gaya dan gerak terhadap
Higher Order Thinking Skills (HOTS) siswa SMP; dan (2) mengkaji pengaruh
penggunaan media aplikasi android dalam pembelajaran IPA materi gaya dan
gerak terhadap minat belajar siswa SMP.
Jenis penelitian yang digunakan yaitu quasi experiment dengan desain
penelitian post-test only control group design. Penelitian dilaksanakan di SMP
Negeri 1 Sempu pada semester ganjil Tahun Ajaran 2021/2022 secara daring