Show simple item record

dc.contributor.authorPURWANTI, Annisa Fasya
dc.date.accessioned2022-04-06T04:05:22Z
dc.date.available2022-04-06T04:05:22Z
dc.date.issued2021-09-23
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/106152
dc.description.abstractLiterasi matematika adalah suatu kemampuan yang dimiliki oleh seseorang untuk merumuskan, menerapkan dan menafsirkan matematika dalam berbagai konteks dan dapat mengimplementasikannya dalam kehidupan seharihari dengan menggunakan penalaran matematis, sesuai konsep dan prosedur yang telah dipahami. Indikator literasi matematika, yaitu merumuskan masalah, menerapkan konsep, dan menafsirkan hasil penyelesaian. Wawancara bersama guru kelas V pada SDN 1 Sarongan diketahui bahwa siswa kesulitan dalam memecahkan permasalahan matematika khususnya operasi hitung pecahan yang terdiri dari penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Pembiasaan literasi matematika berguna untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) tentang operasi hitung pecahan. Pemecahkan soal HOTS membutuhkan keterampilan dalam memahami permasalahan, analitis dan perhitungan, kemampuan bernalar, serta pemikiran logis yang biasanya disebut dengan kecerdasan matematis-logis. Kecerdasan matematis-logis adalah kemampuan yang dimiliki seseorang dalam mempelajari angka serta pemecahan masalah secara logis dan tepat. Berdasarkan hal tersebut rumusan masalah yang dikaji pada penelitian ini, yaitu apakah terdapat perbedaan literasi matematika dalam menyelesaikan soal operasi hitung pecahan ditinjau dari kecerdasan matematis-logis tingkat tinggi dan rendah, bagaimana literasi matematika dalam menyelesaikan soal operasi hitung pecahan ditinjau dari kecerdasan matematika tingkat tinggi dan rendah siswa kelas V SDN 1 Sarongan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan literasi matematika ditinjau dari kecerdasan matematis-logis tingkat tinggi dan rendah secara statistik dan deskriptif.en_US
dc.description.sponsorshipDrs. Nuriman, Ph.D (Dosen Pembimbing I) Ridho Alfarisi, S.Pd., M.Si (Dosen Pembimbing II)en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jemberen_US
dc.subjectKecerdasan Matematisen_US
dc.subjectLogis Siswaen_US
dc.titleAnalisis Literasi Matematika dalam Menyelesaikan Soal Operasi Hitung Pecahan ditinjau dari Kecerdasan Matematis-Logis Siswa Kelas V SDN 1 Sarongan Kabupaten Banyuwangien_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record