• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Analisis Literasi Matematika dalam Menyelesaikan Soal Operasi Hitung Pecahan ditinjau dari Kecerdasan Matematis-Logis Siswa Kelas V SDN 1 Sarongan Kabupaten Banyuwangi

    Thumbnail
    View/Open
    Annisa Fasya Purwanti - 170210204182 Repository Unej.pdf (2.479Mb)
    Date
    2021-09-23
    Author
    PURWANTI, Annisa Fasya
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Literasi matematika adalah suatu kemampuan yang dimiliki oleh seseorang untuk merumuskan, menerapkan dan menafsirkan matematika dalam berbagai konteks dan dapat mengimplementasikannya dalam kehidupan seharihari dengan menggunakan penalaran matematis, sesuai konsep dan prosedur yang telah dipahami. Indikator literasi matematika, yaitu merumuskan masalah, menerapkan konsep, dan menafsirkan hasil penyelesaian. Wawancara bersama guru kelas V pada SDN 1 Sarongan diketahui bahwa siswa kesulitan dalam memecahkan permasalahan matematika khususnya operasi hitung pecahan yang terdiri dari penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Pembiasaan literasi matematika berguna untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) tentang operasi hitung pecahan. Pemecahkan soal HOTS membutuhkan keterampilan dalam memahami permasalahan, analitis dan perhitungan, kemampuan bernalar, serta pemikiran logis yang biasanya disebut dengan kecerdasan matematis-logis. Kecerdasan matematis-logis adalah kemampuan yang dimiliki seseorang dalam mempelajari angka serta pemecahan masalah secara logis dan tepat. Berdasarkan hal tersebut rumusan masalah yang dikaji pada penelitian ini, yaitu apakah terdapat perbedaan literasi matematika dalam menyelesaikan soal operasi hitung pecahan ditinjau dari kecerdasan matematis-logis tingkat tinggi dan rendah, bagaimana literasi matematika dalam menyelesaikan soal operasi hitung pecahan ditinjau dari kecerdasan matematika tingkat tinggi dan rendah siswa kelas V SDN 1 Sarongan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan literasi matematika ditinjau dari kecerdasan matematis-logis tingkat tinggi dan rendah secara statistik dan deskriptif.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/106152
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository