• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN MOTIVASI DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi_1.pdf (324.5Kb)
    Date
    2013-12-19
    Author
    Dewi Ramandhari
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Motivasi adalah suatu usaha yang didasari untuk menggerakkan, mengarahkan, menjaga tingkah laku seseorang agar ia terdorong untuk bertindak melakukan sesuatu sehingga mencapai hasil dan tujuan tertentu.Setiap perbuatan terdapat suatu motivasi yang mendorong untuk melakukan sesuatu termasuk dalam proses belajar. Proses belajar mengajar mempunyai suatu tujuan yaitu memperoleh prestasi yang memuaskan, sehingga diperlukan dorongan (motivasi) di dalam proses belajar mengajar, baik dari dalam maupun dari luar diri siswa.Motivasi belajar pada siswa kelas VIII-A pada pelajaran IPS termasuk dalam kategori rendah, rendahnya motivasi tersebut ternyata berdampak pada aktivitas belajar siswa. Guru sebagai tenaga pendidik harus mampu memecahkan permasalahan yang terjadi di kelas VIII-A, oleh karena itu peneliti bersama guru sepakat untuk menggunakan media Audio Visual untuk meningkatkan motivasi dan aktivitas belajar siswa pada pelajaran IPS.Pokok bahasan yang akan menjadi bahan kajian adalah pelaku ekonomi, karena materi tersebut memerlukan pemahaman sehingga dalam menjelaskan memerlukan contoh-contoh yang konkret. Dengan penggunaan media Audio Visual, materi tersebut akan lebih mudah dipahami siswa, sehingga timbul motivasi untuk mempelajari pelajaran, dan nantinya aktivitas belajar akan meningkat. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan Kelas yang dalam pelaksanaannya terdiri dari dua siklus, dimana masing-masing siklus terdiri dari 5 fase, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi.Indikator motivasi belajar yang diobservasi antara lain; minat dan perhatian siswa terhadap pelajaran, semangat belajar siswa, tanggung jawab siswa terhadap tugas yang diberikan oleh guru, rasa senang terhadap stimulus yang diberikan oleh guru, dan reaksi siswa terhadap stimulus yang diberikan oleh guru. Sedangkan indikator aktivitas belajar siswa antara lain; bertanya, menjawab, berpendapat, perhatian, dan mengerjakan tugas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya peningkatan motivasi belajar siswa dan aktivitas belajar siswa dengan penggunaan media Audio Visual. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 7Probolinggo di kelas VIII-A pada pelajaran IPS pokok bahasan pelaku ekonomi.Pemilihan lokasi menggunakan metode purposive area, yaitu pemilihan tempat atau lokasi penelitian dilakukan dengan sengaja dan ditentukan sendiri oleh peneliti.Untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini digunakan metode observasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan media audio visual dapat meningkatkan motivasi dan aktivitas belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dalam kriteria motivasi selama melakukan observasi sudah mencapai target yaitu dari tingkat rendah menjadi tingkat yang tinggi, yaitu pada minat dan perhatian siswa terhadap pelajaran yaitu 18%, semangat belajar siswa untuk melaksanakan tugas-tugas belajarnya yaitu 28%, tanggung jawab siswa terhadap tugas belajarnya sebesar 24%, rasa senang siswa terhadap tugas yang diberikan guru sebesar 20% dan reaksi siswa terhadap stimulus yang diberikan oleh guru sebesar 30%. Kemudian pada aktivitas juga mengalami peningkatan juga dari tingkat yang rendah menjadi tinggi pula, yaitu pada keberanian meliputi kegiatan: bertanya sebesar 16%, menjawab pertanyaan sebesar 24%, mengemukakan pendapat sebesar 28%, kemauan yang meliputi: memperhatikan penjelasan guru sebesar 26% dan kemauan yang meliputi: mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru sebesar 30%.Oleh karena itu media pembelajaran audio visual dapat digunakan sebagai alternatif dalam meningktakan motivasi dan aktivitas belajar siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/10614
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15325]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository