Efektivitas Penggunaan Media Sosial Online terhadap Pemasaran Komoditas Kopi Rakyat di Desa Gombengsari Kecamatan Kalipuro Kabupaten Banyuwangi
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk efektivitas penggunaan media sosial online terhadap pemasaran komoditas kopi rakyat di desa Gombengsari kecamatan kalipura kabupaten banyuwangi. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu peneliti bekerja berdasarkan pertanyaan terbuka, pertanyaan yang ada dapat berubah selama proses penelitian berlangsung untuk menggali kejadian fakta yang ada. Penelitian kualitatif merupakan penelitian yang terbuka dan lentur sehingga penelitian ini dapat disesuaikan dengan keadaan yang ada di lapangan langsung. Penelitian kualitatif ini dilakukan dengan cara terjun langsung ke lapangan untuk menemui informan dan melakukan wawancara sampai mendapatkan informasi yang lengkap. Penelitian ini dilakukan dengan intensif dengan 3 pemilik IKM, 3 konsumen pada tiap-tiap IKM dan petani di Desa Gombengsari Kecamatan Kalipuro dan konsumen. dilakukan dengan menggunakan pedoman wawancara untuk memperoleh data yang akurat, dapat dipertanggungjawabkan, dan tidak lepas dari topik tujuan penelitian ini.