Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Keputusan Pembelian Jasa Pengiriman Barang pada PT. POS Indonesia Kabupaten Bondowoso
Abstract
Perkembangan sektor perdagangan terutama pada perdagangan online yang
membutuhkan pasangan dalam proses penyaluran produknya yakni perusahaan jasa
yang bergerak dalam bidang pengiriman barang. Sehingga persaingan dalam bisnis
logistic semakin ketat dan terbuka yang didukung dengan pola piker konsumen
yang mulai berubah seiring berjalannya waktu. Tujuam dari penelitian ini adalah
untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran jasa secra parsial dan simultan
terhadap keputusan pembelian jasa pewngiriman barang pada PT. Pos Indonesia
Kabupaten Bondowoso.
Penelitian ini adalah penelitian asosiatif. Penelitian ini dilakukan dengan
memilih responden yang menggunakan jasa pengiriman pbarang pada PT. Pos
Indonesia di Kabupaten Bondowoso. Jenis data yang digunakan adalah data
kualitatif yang dikuantitatifkan. Data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil
jawaban responden dari teknik kuesioner pada 100 resoponden yang ditentukan
dengan menggunakan non probability sampling. Alat analisis yang digunakan
dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda.
Hasil dari penelitian ini secara simultan menunjukkan variabel bauran
pemasaran jasa yang terdiri dari 7P (product, price, place, promotion, people,
physical evidence, process) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.
Sedangkan hasil secara parsial menunjukkan bahwa variabel product, price, place,
promotion, people, physical evidence berpengaruh tidak signifikan terhadap
keputusan pembelian. Untuk variabel process secara parsial berpengaruh signifikan
terhadap keputusan pembelian.