Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Keputusan Pembelian Jasa Pengiriman Barang pada PT. POS Indonesia Kabupaten Bondowoso
Abstract
Perkembangan sektor perdagangan terutama pada perdagangan online yang 
membutuhkan pasangan dalam proses penyaluran produknya yakni perusahaan jasa 
yang bergerak dalam bidang pengiriman barang. Sehingga persaingan dalam bisnis 
logistic semakin ketat dan terbuka yang didukung dengan pola piker konsumen 
yang mulai berubah seiring berjalannya waktu. Tujuam dari penelitian ini adalah 
untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran jasa secra parsial dan simultan 
terhadap keputusan pembelian jasa pewngiriman barang pada PT. Pos Indonesia 
Kabupaten Bondowoso.
Penelitian ini adalah penelitian asosiatif. Penelitian ini dilakukan dengan 
memilih responden yang menggunakan jasa pengiriman pbarang pada PT. Pos 
Indonesia di Kabupaten Bondowoso. Jenis data yang digunakan adalah data 
kualitatif yang dikuantitatifkan. Data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil 
jawaban responden dari teknik kuesioner pada 100 resoponden yang ditentukan 
dengan menggunakan non probability sampling. Alat analisis yang digunakan 
dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda.
Hasil dari penelitian ini secara simultan menunjukkan variabel bauran 
pemasaran jasa yang terdiri dari 7P (product, price, place, promotion, people, 
physical evidence, process) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. 
Sedangkan hasil secara parsial menunjukkan bahwa variabel product, price, place, 
promotion, people, physical evidence berpengaruh tidak signifikan terhadap 
keputusan pembelian. Untuk variabel process secara parsial berpengaruh signifikan 
terhadap keputusan pembelian.