Show simple item record

dc.contributor.authorTezar Roosano A
dc.date.accessioned2013-12-19T08:07:44Z
dc.date.available2013-12-19T08:07:44Z
dc.date.issued2013-12-19
dc.identifier.nimNIM050210192132
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/10596
dc.description.abstractPenelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi yang dilakukan pada bulan Agustus 2010 dengan guru mata pelajaran fisika di SMP Negeri 10 Jember, didapatkan hasil belajar IPA di SMP Negeri 10 Jember rendah. Hal ini ditunjukkan oleh rata-rata hasil ulangan harian kelas VII SMP Negeri 10 Jember yang hanya mencapai nilai 57,5 dengan rata-rata kelas paling rendah 50,2 pada kelas VII-C. Selain itu aktifitas belajar siswa di SMP Negeri 10 Jember tergolong rendah sekitar 35% siswa yang aktif, sehingga setiap pembelajaran fisika perlu diadakan pendekatan lebih agar siswa tidak malas dan aktif dalam pembelajaran. Rendahnya hasil belajar dan aktivitas siswa dikarenakan rendahnya motivasi siswa dalam belajar fisika, didapatkan bahwa pembelajaran IPA khususnya fisika masih menggunakan pembelajaran konvensional dengan metode ceramah, dalam hal ini guru sebagai sumber informasi terlalu mendominasi dalam pembelajaran di kelas. Penggunakan media pembelajaran dalam kegiatan belajar mengajar sering digunakan, akan tetapi hanya berbentuk slide persentasi dimana hanya guru yang aktif dalam penggunaan media tersebut dan murid hanya besifat pasif. Salah satu pendekatan yang relevan yang bisa diterapkan dalam pembelajaran fisika adalah dengan menggunakan media yang interaktif sehingga bisa meningkatkan minat dan kreatifitas siswa untuk aktif dalam belajar, media yang dapat digunakan bermacam- macam tetapi dalam penelitian ini menggunakan Multimedia Interaktif (MMI). Berdasarkan hal tersebut maka dilakukan penelitian, dengan tujuan sebagai berikut: (1) Untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar siswa kelas VII-C dengan Multimedia Interaktif (MMI); (2) Untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa kelas VII-C dengan Multimedia Interaktif (MMI). Penelitian ini dilakukan di kelas VII-C SMP Negeri 10 Jember yang didasarkan pada permasalahan proses belajar mengajar yang terjadi, yaitu rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah “penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research)”. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif yaitu mendeskripsikan secara kualitatif maupun kuantitatif data hasil penelitian: (1) aktivitas belajar untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa antara pembelajaran pada siklus I dan siklus II; (2) peningkatan hasil belajar untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I dan siklus II. Data hasil observasi yang menunjukkan bahwa rata-rata aktivitas belajar siswa sebelum dilaksanakan tindakan mencapai 35%, sedangkan aktivitas belajar siswa sesudah dilaksanakan tindakan telah mengalami peningkatan yaitu ditunjukkan dengan besarnya persentase secara klasikal aktivitas belajar siswa yaitu sebesar 62.63% pada siklus I. Pada siklus II aktivitas belajar telah mengalami peningkatan yang ditunjukkan dengan besarnya persentase secara klasikal aktivitas belajar siswa meningkat menjadi 68,75%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa aktivitas belajar siswa pada siklus I dan siklus II secara keseluruhan dapat dikatakan telah mengalami peningkatan dibandingkan dengan sebelum adanya perlakuan. Pada Ketuntasan hasil belajar siswa sebelum diadakan perlakuan sebesar 14,28% dengan nilai rata-rata kelas 50.83, sedangkan pada siklus I sebesar 78,79% dengan nilai rata-rata kelas 71,74 dan pada siklus II sebesar 88,89% dengan nilai rata-rata kelas 80.19. Sehingga dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I dan siklus II dapat dikatakan telah mengalami peningkatan. Kesimpulan penelitian ini adalah: (1) Multimedia Interaktif (MMI) dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran fisika pada pokok Wujud Zat dan Perubahannya kelas VII-C di SMP Negeri 10 Jember, (2) Multimedia Interaktif (MMI) dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran fisika pada pokok Wujud Zat dan Perubahannya kelas VII-C di SMP Negeri 10 Jember.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries050210192132;
dc.subjectHASIL BELAJ AR F ISIKAen_US
dc.titlePENING KATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJ AR F ISIKA DENG AN MULTIMEDIA INTERAKTIF (MMI) P ADA SISWA KELAS VII-C SMP NEGERI 10 JEMBERen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record