• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENING KATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJ AR F ISIKA DENG AN MULTIMEDIA INTERAKTIF (MMI) P ADA SISWA KELAS VII-C SMP NEGERI 10 JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    TEZAR ROOSANO (05-2132)_001.pdf (410.3Kb)
    Date
    2013-12-19
    Author
    Tezar Roosano A
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi yang dilakukan pada bulan Agustus 2010 dengan guru mata pelajaran fisika di SMP Negeri 10 Jember, didapatkan hasil belajar IPA di SMP Negeri 10 Jember rendah. Hal ini ditunjukkan oleh rata-rata hasil ulangan harian kelas VII SMP Negeri 10 Jember yang hanya mencapai nilai 57,5 dengan rata-rata kelas paling rendah 50,2 pada kelas VII-C. Selain itu aktifitas belajar siswa di SMP Negeri 10 Jember tergolong rendah sekitar 35% siswa yang aktif, sehingga setiap pembelajaran fisika perlu diadakan pendekatan lebih agar siswa tidak malas dan aktif dalam pembelajaran. Rendahnya hasil belajar dan aktivitas siswa dikarenakan rendahnya motivasi siswa dalam belajar fisika, didapatkan bahwa pembelajaran IPA khususnya fisika masih menggunakan pembelajaran konvensional dengan metode ceramah, dalam hal ini guru sebagai sumber informasi terlalu mendominasi dalam pembelajaran di kelas. Penggunakan media pembelajaran dalam kegiatan belajar mengajar sering digunakan, akan tetapi hanya berbentuk slide persentasi dimana hanya guru yang aktif dalam penggunaan media tersebut dan murid hanya besifat pasif. Salah satu pendekatan yang relevan yang bisa diterapkan dalam pembelajaran fisika adalah dengan menggunakan media yang interaktif sehingga bisa meningkatkan minat dan kreatifitas siswa untuk aktif dalam belajar, media yang dapat digunakan bermacam- macam tetapi dalam penelitian ini menggunakan Multimedia Interaktif (MMI). Berdasarkan hal tersebut maka dilakukan penelitian, dengan tujuan sebagai berikut: (1) Untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar siswa kelas VII-C dengan Multimedia Interaktif (MMI); (2) Untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa kelas VII-C dengan Multimedia Interaktif (MMI). Penelitian ini dilakukan di kelas VII-C SMP Negeri 10 Jember yang didasarkan pada permasalahan proses belajar mengajar yang terjadi, yaitu rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah “penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research)”. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif yaitu mendeskripsikan secara kualitatif maupun kuantitatif data hasil penelitian: (1) aktivitas belajar untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa antara pembelajaran pada siklus I dan siklus II; (2) peningkatan hasil belajar untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I dan siklus II. Data hasil observasi yang menunjukkan bahwa rata-rata aktivitas belajar siswa sebelum dilaksanakan tindakan mencapai 35%, sedangkan aktivitas belajar siswa sesudah dilaksanakan tindakan telah mengalami peningkatan yaitu ditunjukkan dengan besarnya persentase secara klasikal aktivitas belajar siswa yaitu sebesar 62.63% pada siklus I. Pada siklus II aktivitas belajar telah mengalami peningkatan yang ditunjukkan dengan besarnya persentase secara klasikal aktivitas belajar siswa meningkat menjadi 68,75%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa aktivitas belajar siswa pada siklus I dan siklus II secara keseluruhan dapat dikatakan telah mengalami peningkatan dibandingkan dengan sebelum adanya perlakuan. Pada Ketuntasan hasil belajar siswa sebelum diadakan perlakuan sebesar 14,28% dengan nilai rata-rata kelas 50.83, sedangkan pada siklus I sebesar 78,79% dengan nilai rata-rata kelas 71,74 dan pada siklus II sebesar 88,89% dengan nilai rata-rata kelas 80.19. Sehingga dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I dan siklus II dapat dikatakan telah mengalami peningkatan. Kesimpulan penelitian ini adalah: (1) Multimedia Interaktif (MMI) dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran fisika pada pokok Wujud Zat dan Perubahannya kelas VII-C di SMP Negeri 10 Jember, (2) Multimedia Interaktif (MMI) dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran fisika pada pokok Wujud Zat dan Perubahannya kelas VII-C di SMP Negeri 10 Jember.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/10596
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15422]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository