• Login
    View Item 
    •   Home
    • LECTURER SCIENTIFIC PUBLICATION (Publikasi Ilmiah)
    • LSP-Jurnal Ilmiah Dosen
    • View Item
    •   Home
    • LECTURER SCIENTIFIC PUBLICATION (Publikasi Ilmiah)
    • LSP-Jurnal Ilmiah Dosen
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penggunaan Buku Cerita Berbasis Augmented Reality dalam Meningkatkan Pengetahuan dan Keterampilan Cuci Tangan Pakai SabunPenggunaan Buku Cerita Berbasis Augmented Reality dalam Meningkatkan Pengetahuan dan Keterampilan Cuci Tangan Pakai Sabun

    Thumbnail
    View/Open
    FKM_JURNAL_DewaNgakanGde Wahyu_Penggunaan Buku Cerita Berbasis Augmented Reality dalam Meningkatkan Pengetahuan dan Keterampilan Cuci Tangan Pakai Sabun.pdf (1.650Mb)
    Date
    2022-02-21
    Author
    PUTRA, Dewa Ngakan Gde Wahyu Mahatma
    RIDZKIYANTO, Ricko Pratama
    NURIKA, Globila
    LIMBONG, Andriani Metasari Br.
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Angka kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Indonesia hingga Bulan Juni 2021 telah mencapai 1,35 juta kasus. Kondisi ini terus dikendalikan oleh pemerintah dengan upaya menggencarkan pemberian vaksin Covid-19 terutama bagi tenaga pendidik dan keendidikan. Hal ini ditujukan untuk meminimalisasi learning loss dalam dunia pendidikan akibat pembelajaran daring selama pandemi pembelajaran tatap muka di tahun 2022 dapat dilakukan. Oleh karena itu edukasi dan pelatihan untuk disiplin melakukan Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) dalam memutus transmisi covid-19 di sekolah penting untuk dilakukan secara massive terutama bagi siswa. Kegiatan edukasi dan pelatihan dengan sasaran sebanyak 22 siswa ini dilakukan di SDN 1 Panji Lor, Situbondo dengan menggunakan buku cerita CTPS berbasis augmented reality. Metode diskusi interaktif dilakukan untuk meningkatkan partisipasi siswa. Peningkatan pengetahuan diukur dengan menggunakan pre-test dan post-test. Peningkatan keterampilan diukur dengan menggunakan observasi kegiatan praktik CTPS. Hasil analisis data pengetahuan sebelum dan setelah edukasi dengan uji paired-sample t-test menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan siswa (p-value= 0.046). Disamping itu, seluruh siswa dapat mempraktikkan langkah CTPS secara baik dan benar dalam kegiatan pelatihan. Penggunaan buku cerita CTPS berbasis augmented reality disimpulkan efektif dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan siswa dalam melakukan CTPS yang baik dan benar.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/105923
    Collections
    • LSP-Jurnal Ilmiah Dosen [7410]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository