Show simple item record

dc.contributor.authorTETRA BUDI RAHMIKA
dc.date.accessioned2013-12-19T08:03:53Z
dc.date.available2013-12-19T08:03:53Z
dc.date.issued2013-12-19
dc.identifier.nimNIM050210102050
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/10590
dc.description.abstractPembelajaran fisika saat ini sering mengalami kendala, diantaranya adalah model pembelajaran yang kurang tepat, dan fisika dikeluhkan sebagai bidang studi yang menakutkan, dan seringkali tidak disukai oleh siswa. Berdasarkan hasil observasi awal di Kelas XI IPA 1 SMA Negeri Kalisat, ditemukan bahwa hasil belajar rata-rata siswa kelas XI IPA 1 masih rendah. Berdasarkan data kelas dari 44 siswa 61 % mendapatkan skor ulangan harian di bawah 75 dan hanya 39% yang mencapai ketuntasan dan aktivitas belajarnya juga masih kurang. Adapun rumusan masalah penelitian ini yaitu: (1) Bagaimanakah peningkatan aktivitas belajar siswa menggunakan Model Pembelajaran TAI (Team Assisted Individualization) dengan metode Mencongak dalam upaya meningkatkan aktivitas belajar fisika siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri Kalisat, (2) Bagaimanakah peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa menggunakan Model Pembelajaran TAI (Team Assisted Individualization) dengan metode Mencongak dalam upaya meningkatkan ketuntasan hasil belajar fisika siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri Kalisat. Tujuan dalam penalitian ini yaitu: (1) Mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa menggunakan Model Pembelajaran TAI (Team Assisted Individualization) dengan metode Mencongak dalam upaya meningkatkan aktivitas belajar fisika siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri Kalisat, (2) Mendeskripsikan peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa menggunakan Model Pembelajaran TAI (Team Assisted Individualization) dengan metode Mencongak dalam upaya meningkatkan ketuntasan hasil belajar fisika siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri Kalisat.Berdasarkan uraian di atas, maka diperlukan perbaikan pembelajaran melalui Model Pembelajaran TAI (Team Assisted Individualization) dengan metode Mencongak untuk meningkatkan aktivitas belajar dan ketuntasan hasil belajar fisika siswa Kelas XI IPA 1 SMA Negeri Kalisat. Model ini memiliki kelebihan yaitu membuat siswa harus belajar, hasil evaluasi kognitif menjadi lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Sesuai rumusan masalah, penelitian ini dilakukan di Kelas XI IPA 1 SMA Negeri Kalisat. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, post-test, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Untuk menentukan aktivitas dan ketuntasan hasil belajar fisika siswa pembelajaran pada siklus 1 sampai dengan siklus 3 digunakan persentase aktivitas dan ketuntasan hasil belajar belajarnya. Data hasil penelitian memperlihatkan bahwa aktivitas belajar siswa sesudah dilaksanakan tindakan pada siklus 1 ditunjukkan dengan besarnya persentase secara klasikal aktivitas belajar siswa mencapai 63,64% dan berada pada kategori aktif. Pada siklus 2 dan siklus 3 aktivitas belajar siswa telah mengalami peningkatan yang ditunjukkan berturut-turut 72,73% dan 81,82% dengan kategori aktif dan sangat aktif. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada pembelajaran siklus 1 sebesar 52,27%, siklus 2 sebesar 93,18% dan pada siklus 3 sebesar 95,45%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus 1 sampai dengan siklus 3 secara keseluruhan dapat dikatakan telah mengalami peningkatan. Hasil penelitian ini adalah: (1) dengan menggunakan Model Pembelajaran TAI (Team Assisted Individualization) dengan metode mencongak aktivitas belajar fisika siswa di Kelas XI IPA 1 SMA Negeri Kalisat mengalami peningkatan dari 63,64% menjadi 81,82% dengan kategori sangat aktif; (2) dengan menggunakan Model Pembelajaran TAI (Team Assisted Individualization) dengan metode mencongak ketuntasan hasil belajar fisika siswa di Kelas XI IPA 1 SMA Negeri Kalisat mengalami peningkatan dari 52,27 menjadi 95,45% dengan kategori tuntas.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries050210102050;
dc.subjectMODEL PEMBELAJARAN TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION), MATA PELAJARAN FISIKAen_US
dc.titlePENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) DENGAN METODE MENCONGAK PADA MATA PELAJARAN FISIKA DI KELAS XI IPA 1 SMA NEGERI KALISATen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record