• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) DENGAN METODE MENCONGAK PADA MATA PELAJARAN FISIKA DI KELAS XI IPA 1 SMA NEGERI KALISAT

    Thumbnail
    View/Open
    Tetra Budi Rahmika (050210102050)_001.pdf (652.9Kb)
    Date
    2013-12-19
    Author
    TETRA BUDI RAHMIKA
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembelajaran fisika saat ini sering mengalami kendala, diantaranya adalah model pembelajaran yang kurang tepat, dan fisika dikeluhkan sebagai bidang studi yang menakutkan, dan seringkali tidak disukai oleh siswa. Berdasarkan hasil observasi awal di Kelas XI IPA 1 SMA Negeri Kalisat, ditemukan bahwa hasil belajar rata-rata siswa kelas XI IPA 1 masih rendah. Berdasarkan data kelas dari 44 siswa 61 % mendapatkan skor ulangan harian di bawah 75 dan hanya 39% yang mencapai ketuntasan dan aktivitas belajarnya juga masih kurang. Adapun rumusan masalah penelitian ini yaitu: (1) Bagaimanakah peningkatan aktivitas belajar siswa menggunakan Model Pembelajaran TAI (Team Assisted Individualization) dengan metode Mencongak dalam upaya meningkatkan aktivitas belajar fisika siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri Kalisat, (2) Bagaimanakah peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa menggunakan Model Pembelajaran TAI (Team Assisted Individualization) dengan metode Mencongak dalam upaya meningkatkan ketuntasan hasil belajar fisika siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri Kalisat. Tujuan dalam penalitian ini yaitu: (1) Mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa menggunakan Model Pembelajaran TAI (Team Assisted Individualization) dengan metode Mencongak dalam upaya meningkatkan aktivitas belajar fisika siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri Kalisat, (2) Mendeskripsikan peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa menggunakan Model Pembelajaran TAI (Team Assisted Individualization) dengan metode Mencongak dalam upaya meningkatkan ketuntasan hasil belajar fisika siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri Kalisat.Berdasarkan uraian di atas, maka diperlukan perbaikan pembelajaran melalui Model Pembelajaran TAI (Team Assisted Individualization) dengan metode Mencongak untuk meningkatkan aktivitas belajar dan ketuntasan hasil belajar fisika siswa Kelas XI IPA 1 SMA Negeri Kalisat. Model ini memiliki kelebihan yaitu membuat siswa harus belajar, hasil evaluasi kognitif menjadi lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Sesuai rumusan masalah, penelitian ini dilakukan di Kelas XI IPA 1 SMA Negeri Kalisat. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, post-test, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Untuk menentukan aktivitas dan ketuntasan hasil belajar fisika siswa pembelajaran pada siklus 1 sampai dengan siklus 3 digunakan persentase aktivitas dan ketuntasan hasil belajar belajarnya. Data hasil penelitian memperlihatkan bahwa aktivitas belajar siswa sesudah dilaksanakan tindakan pada siklus 1 ditunjukkan dengan besarnya persentase secara klasikal aktivitas belajar siswa mencapai 63,64% dan berada pada kategori aktif. Pada siklus 2 dan siklus 3 aktivitas belajar siswa telah mengalami peningkatan yang ditunjukkan berturut-turut 72,73% dan 81,82% dengan kategori aktif dan sangat aktif. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada pembelajaran siklus 1 sebesar 52,27%, siklus 2 sebesar 93,18% dan pada siklus 3 sebesar 95,45%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus 1 sampai dengan siklus 3 secara keseluruhan dapat dikatakan telah mengalami peningkatan. Hasil penelitian ini adalah: (1) dengan menggunakan Model Pembelajaran TAI (Team Assisted Individualization) dengan metode mencongak aktivitas belajar fisika siswa di Kelas XI IPA 1 SMA Negeri Kalisat mengalami peningkatan dari 63,64% menjadi 81,82% dengan kategori sangat aktif; (2) dengan menggunakan Model Pembelajaran TAI (Team Assisted Individualization) dengan metode mencongak ketuntasan hasil belajar fisika siswa di Kelas XI IPA 1 SMA Negeri Kalisat mengalami peningkatan dari 52,27 menjadi 95,45% dengan kategori tuntas.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/10590
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository