dc.description.abstract | Gancang Aron (Gugus Antisipasi Cegah Antrian Panjang dengan Antar Obat ke Rumah Pasien)
merupakan program inovasi RSUD Blambangan untuk mengurangi waktu tunggu pelayanan obat.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kepuasan pasien pengguna program Gancang
Aron dengan metode Importance Performance Analysis di RSUD Blambangan Kabupaten
Banyuwangi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Jumlah
sampel sebanyak 96 responden yang ditentukan dengan teknik simple random sampling. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar atribut dianggap penting namun kinerjanya masih ada
yang dianggap kurang baik dan belum memenuhi harapan, yaitu petugas kurang tepat waktu dalam
melayani pasien, petugas kurang menerima dan mendengarkan keluhan pasien dengan baik, instalasi
farmasi memiliki persediaan obat yang kurang lengkap, dan ruang tunggu kurang memadai. Tingkat
kepuasan pasien pengguna program Gancang Aron ditinjau dari dimensi kompetensi teknis, akses
terhadap pelayanan, kelangsungan pelayanan, keamanan, efektivitas, hubungan antar manusia, dan
efisiensi ialah sangat puas, sedangkan ditinjau dari dimensi kenyamanan ialah puas, namun atribut
ruang tunggu memadai dan tersedianya AC/televisi/majalah di ruang tunggu belum memenuhi
harapan pasien. Berdasarkan diagram kartesius diketahui bahwa atribut tersebar dalam empat
kuadran. Atribut yang dianggap penting dan telah baik kinerjanya sebanyak 7 atribut, sedangkan
atribut yang dianggap kurang penting dan belum baik kinerjanya sebanyak 8 atribut. | en_US |