Analisis Pengaruh Variabel Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Apotek Kimia Farma Jember
Date
2017-05-15Author
SAFITRI, Choirunnisa' Kurnia
SUROSO, Imam
INDRANINGRAT, Ketut
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh variabel kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan Apotek Kimia
Farma Jember. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan Apotek Kimia Farma Jember. Metode sampling yang digunakan
adalah purposive sampling dengan jumlah responden sebanyak 108 orang. Variabel yang digunakan sebanyak 5 variabel.
Lokasi penelitian di Apotek Kimia Farma Jember. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data primer yang
merupakan jawaban dari kuesioner, sedangkan data sekunder pada penelitian ini berupa gambaran umum Apotek Kimia
Farma, literature dari berbagai sumber, dan juga dari penelitian terdahulu. Alat analisis yang digunakan adalah Analisis
Structural Equestion Modelling (SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Bukti fisik berpengaruh signifikan terhadap
kepuasan pelanggan di Apotik Kimia Farma Jember; 2) Kehandalan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan di
Apotik Kimia Farma Jember, dan; 3) Daya tanggap berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan di Apotik Kimia
Farma Jember; 4) Jaminan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan di Apotik Kimia Farma Jember; 5) Empati
berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan di Apotik Kimia Farma Jember.
Collections
- LSP-Jurnal Ilmiah Dosen [7300]