Komparasi Pengaruh Langsung dan Tidak Langsung Merek dan Kualitas Produk terhadap Kepercayaan Konsumen dan Loyalitas Pelanggan Produk Tas Elizabeth di Wilayah Kota Jember
Date
2018-09-30Author
SARI, Evrylia Tri Purnama
SUROSO, Imam
INDRANINGRAT, Ketut
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkomparasikan pengaruh langsung dan tidak langsung antara merek, kualitas produk
terhadap kepercayaan konsumen dan loyalitas pelanggan pada sebuah produk merek tas Elizabeth di Wilayah Kota
Jember.Penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian penjelasan (explanatory research). Populasi dalam penelitian ini
ditentukan jumlahnya dengan cara indikator dikalikan 15 parameter sehingga sampel n = 7 × 15 = 105, dengan sampling
purposive yaitu pelanggan tas Elizabeth di Wilayah Kota Jember. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner sementara
analisis data dengan SEM. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh lansung merek terhadap loyalitas pelanggan
sebesar 0,267 sementara pengaruh tidak lansung merek terhadap loyalitas pelanggan sebesar 0,443 melalui kepercayaan
pelanggan. Pengaruh lansung kualitas terhadap loyalitas pelanggan sebesar 1,022 sementara pengaruh tidak lansung kualitas
terhadap loyalitas sebesar 0,049 melalui kepercayaan. Kesimpulan dari penelitian in bahwa merek dan kualitas produk
berpengaruh terhadap kepercayaan pelanggan dan loyalitas pelanggan produk tas Elizabeth di wilayah Kota Jember.
Perusahaan perlu memperhatikan kualitas produk untuk meningkatkan kepercayaan dan loyalitas pelanggan.
Collections
- LSP-Jurnal Ilmiah Dosen [7300]