dc.description.abstract | Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses dan hasil pengembangan
media pembelajaran untuk peserta didik SMA Kelas XI materi integral luas daerah
berbantuan software GeoGebra. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dan
menggunakan model Thiagarajan. Uji coba dilakukan pada 31 peserta didik kelas XI di
SMAN 1 Jember. Hasil penelitian ini menunjukkan koefisien korelasi sebesar 0,91
dengan kategori valid ditafsirkan “sangat tinggi” dengan menggunakan uji validitas, uji
kepraktisan menunjukkan persentase sebesar 92,64% yang berarti kategori “sangat baik”
dengan penggunaan angket respon peserta didik, dan tes efektif menunjukkan hasil
80,65% atau 25 dari 31 peserta didik mendapatkan nilai diatas KKM dengan kategori
“Baik”. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran
matematika interaktif online ClassFlow berbantuan software GeoGebra pada materi
integral luas daerah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif dan dapat untuk
digunakan dalam pembelajaran matematika. | en_US |