dc.description.abstract | Perkembangan pendidikan tidak terlepas dari perkembangan teknologi. Perkembangan teknologi dapat
dijadikan sebagai sumber belajar yang inovatif dan menyenangkan bagi mahasiswa. Penelitian ini
bertujuan untuk menganalisis validitas video dan respon mahasiswa terhadap pengunaan video
pembelajaran tentang pemanfaatan pengolahan kakao pada pembelajaran fisika. Metode penelitian ini
menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Responden penelitian adalah mahasiswa yang
menempuh mata kuliah Fisika Dasar III pada semester gasal 2019/2020. Teknik pengumpulan data
menggunakan angket respon mahasiswa, lembar validasi, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis
data menggunakan prosentase dari skala likert yang digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
validasi video pembelajaran tentang pemanfaatan pengolahan kakao pada validasi konten sebesar
87%, komponen bahasa sebesar 82% dan komponen desain dan tampilan sebesar 80%, serta
keefektifan media video sebesar 83%. Hal ini menunjukkan bahwa video pembelajaran yang telah
dikembangkan berada dalam kategori valid dan layak digunakan. Hasil angket respon mahasiswa
terhadap penggunaan video pembelajaran tentang pengolahan kakao menunjukkan bahwa respon
mahasiswa sangat positif, pada aspek ketertarikan terhadap video pengolahan kakao sebesar 81,46%,
aspek penguasaan konsep 83,30%, aspek sikap ilmiah 83,88% dan aspek kesadaran lingkungan
81,91%. Dengan demikian, penggunaan video pembelajaran berbasis potensi lokal tentang
pemanfaatan pengolahan kakao dapat dijadikan alternatif sumber belajar berbasis teknologi dalam
pembelajaran fisika. | en_US |