Motivasi Siswa Terhadap Kegiatan Praktikum Pembuatan Preparat Apusan Darah Tingkat SMA Di KabupatenJember, Indonesia
Date
2021-12-30Author
KURNIAWAN, Aditya
SISWATI, Bea Hana
SAVIRA, Nadyatul Ilma Indah
Metadata
Show full item recordAbstract
Pandemi COVID-19 telah melanda Indonesia sejak Maret tahun 2020. Sejak saat itu kegiatan diubah dari luring
menjadi daring termasuk kegiatan praktikum. Siswa hanya melihat kegiatan praktikum melalui tayangan video
yang telah dibuat oleh guru dan laboran. Di bulan September 2021, angka kasus COVID-19 terus turun. Hal ini
menyebabkan sekolah – sekolah mulai untuk melakukan kegiatan belajar mengajar secara tatap muka secara
terbatas. Perlu dilakukan pengukuran motivasi siswa saat pertama kali melakukan praktikum luring di sekolah.
Metode yang dilakukan saat kegiatan praktikum kepada 11 siswa SMAN Rambipuji Jember adalah Participatory
Action Research (PAR) dengan tahapan umum berupa Perencanaan, Kegiatan, Refleksi dan Evaluasi. Tingkat
motivasi siswa terhadap pembelajaran Biologi khususnya praktikum pembuatan preparat apusan darah adalah
sebesar 86%. Motivasi siswa yang sangat tinggi ini dikarenakan siswa dilibatkan dan terjun langsung dalam proses
pembuatan preparat sehingga melatih kecerdasan psikomotorik dan kognitif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah
praktikum dapat membuat motivasi siswa meningkat. Namun, motivasi belajar siswa tidak berdampak langsung
pada prestasi siswa, melainkan berdampak pada antusias dan ketekunan siswa dalam belajar. Ketekunan dan
antusiasme siswa yang akan berdampak langsung pada prestasi siswa.
Collections
- LSP-Jurnal Ilmiah Dosen [7300]