dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul akuntansi pada KD menyusun laporan keuangan untuk
siswa kelas XI akuntansi di SMK Negeri 1 Jember yang menarik, efisien, dan efektif. Penelitian ini
menggunakan model pengembangan Four – D dari Thiagarajan et al yang terdiri dari tahap define, design,
develope, disseminate. Kelayakan modul dinilai melalui tahap validasi yang terdiri dari validasi isi materi,
desain modul, dan bahasa. Subjek uji coba pada penelitian ini yaitu uji kelompok terbatas pada 12 siswa XI
Akuntansi 2 dan uji kelompok lebih luas pada 38 siswa XI Akuntansi 3. Teknik analisis data yang digunakan
adalah uji tingkat daya tarik modul, tingkat efisiensi, dan efektivitas modul. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa daya tarik pada uji kelompok terbatas adalah 93% dalam kategori (sangat menarik) dan pada uji
kelompok lebih luas adalah 97% dalam kategori (sangat menarik). Modul yang dikembangkan juga lebih
efisien, pada uji kelompok terbatas dan uji kelompok lebih luas diketahui bahwa dengan menggunakan modul
waktu lebih singkat. Modul yang dikembangkan juga lebih efektif karena dapat mencapai tujuan pembelajaran,
terjadi peningkatkan hasil belajar siswa pada uji kelompok terbatas dari 76,83 meningkat menjadi 85,16, pada
uji kelompok lebih luas dari 76,71 meningkat menjadi 85,34. Hasil dari penelitian pengembangan ini adalah
modul akuntansi yang dikembangkan lebih menarik, lebih efisien, dan lebih efektif dari bahan ajar sebelumnya. | en_US |