Penerapan Model Pembelajaran AIR Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI AKL 1 SMK Muhammadiyah 3 Ambulu Jember (Studi Kasus Pada Mata Pelajaran Akuntansi Kompetensi Dasar Jurnal Khusus Semester Gasal Tahun Ajaran 2019/2020)
Date
2020-09-04Author
ASIH, Nurmala Tiara
KANTUN, Sri
ZULIANTO, Mukhamad
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi masih rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran
akuntansi, bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kompetensi dasar jurnal khusus
semester gasal tahun ajaran 2019/2020 di Kelas XI AKL 1 SMK Muhammadiyah 3 Ambulu Jember melalui
penerapan model pembelajaran AIR. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dimana peneliti
bekerjasama dengan Guru Kelas sebagai observer. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI AKL 1 SMK
Muhammadiyah 3 Ambulu Jember sebanyak 26 siswa terdiri dari 6 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan.
Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah metode observasi, tes, wawancara, dan dokumen. Data
yang yang diperoleh berupa hasil tes sebagai data primer dan hasil observasi serta dokumentasi sebagai data
pendukung. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif yaitu dengan memaparkan
data yang diperoleh oleh peneliti dari hasil pelaksanaan tindakan. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus dan
setiap siklus dilaksanakan dalam 2 kali tindakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model
pembelajaran AIR dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi
kompetensi dasar jurnal khusus kelas XI AKL 1 SMK Muhammadiyah 3 Ambulu Jember semester gasal tahun
ajaran 2019/2020. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan aktivitas belajar siswa dari skor rata-rata
aktivitas belajar pada siklus I mencapai kategori sedang yaitu sebesar 2,5 dan pada siklus II meningkat sebesar
0,9 mencapai kategori tinggi sebesar 3,4. Sedangkan hasil belajar siswa dilihat dari nilai akhir siswa yang
diperoleh dari nilai tugas individu dan nilai ulangan harian siswa pada kompetensi dasar jurnal khusus. Hasil
belajar siswa pada siklus I mencapai nilai rata-rata 75,6 dengan ketuntasan klasikal sebesar 80,7% pada siklus
II mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata 83,9 dan ketuntasan klasikal 88,5%. Kesimpulannya,
penerapan model pembelajaran AIR dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran
akuntansi kompetensi dasar jurnal khusus kelas XI AKL 1 SMK Muhammadiyah 3 Ambulu Jember.
Collections
- LSP-Jurnal Ilmiah Dosen [7300]