Analisis Penyebab Kesulitan Belajar Akuntansi Kompetensi Dasar Menganalisis Dan Mengentri Data Transaksi Pada Aplikasi Myob Accounting (Studi Kasus Pada Siswa Kelas Xi-akl 2 Di Smk Muhamadiyah 1 Genteng Banyuwangi Tahun Ajaran 2019/2020)
Date
2020-09-02Author
NINGRUM, Rinda Sukma
KARTINI, Titin
KANTUN, Sri
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penyebab kesulitan belajar akuntansi kompetensi dasar menganalisis
dan mengentri data transaksi pada aplikasi MYOB Accounting pada siswa kelas XI-AKL 2 di SMK
Muhamadiyah 1 Genteng Banyuwangi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan
kualitatif. Penentuan lokasi penelitian menggunakan metode purposive area yaitu di SMK Muhamadiyah 1
Genteng Kabupaten Banyuwangi. Subyek penelitian yaitu siswa kelas XI-AKL 2 di SMK Muhamadiyah 1
Genteng Banyuwangi yang beberapa kali mendapat nilai dibawah KKM (75) dan informan pendukung yaitu
guru komputer akuntansi kelas XI-AKL. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket,
observasi, wawancara, dan dokumen. Langkah-langkah analisis data yang digunakan antara lain pengumpulan
data, reduksi data, penyajian data serta kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
penyebab kesulitan belajar akuntansi pada siswa kelas XI-AKL 2 meliputi faktor internal dan faktor eksternal.
Faktor internal meliputi rendahnya keterampilan siswa, rendahnya kesiapan siswa, dan rendahnya minat siswa
terhadap pelajaran komputer akuntansi. Untuk faktor eksternal meliputi rendahnya dukungan sarana dan
prasarana
Collections
- LSP-Jurnal Ilmiah Dosen [7300]