Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa
Abstract
Aktivitas dan hasil belajar siswa pada kelas X Akuntansi 3 SMK Negeri 1 Jember masih dalam kategori
rendah yang disebabkan karena model pembelajaran yang diterapkan tidak melibatkan siswa secara aktif. Hal
itu tentu berdampak pada kurangnya kemandirian siswa sehingga hasil belajar siswa juga rendah. Tujuan
penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran berbasis proyek dalam meningkatkan
aktivitas dan hasil belajar serta mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada kompetensi
dasar menyusun laporan keuangan perusahaan jasa Semester Genap tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini
merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dengan dua siklus yang terdiri dari beberapa
tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini berjumlah 34
siswa. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes, wawancara dan dokumen. Penelitian
ini menggunakan analisis data secara deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa dengan adanya model pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan aktivitas dan
hasil belajar siswa. Pada siklus I aktivitas belajar siswa dalam kategori sedang yaitu 2,6 meningkat menjadi
3,1 kategori tinggi pada siklus II. Sedangkan, hasil belajar siswa pada siklus I nilai rata-rata siswa 77,3 dan
ketuntasan belajar secara klasikal 79%. Pada siklus II mengalami peningkatan nilai rata-rata siswa menjadi
82,2 dan ketuntasan belajar secara klasikal 85%
Collections
- LSP-Jurnal Ilmiah Dosen [7300]