Pengembangan E-modul Pembelajaran Ekonomi Materi Pasar Modal Untuk Siswa Kelas Xi Ips Man 1 Jember Tahun Ajaran 2016/2017
Date
2018-01-02Author
WULANSARI, Evi Wahyu
KANTUN, Sri
SUHARSO, Pudjo
Metadata
Show full item recordAbstract
Modul merupakan salah satu hal yang mendukung keberhasilan kegiatan pembelajaran. Modul yang selama ini
digunakan di MAN 1 Jember merupakan modul berupa buku teks atau buku paket yang diterbitkan oleh
penerbit dan disajikan dalam bentuk cetak. Buku paket tersebut diterbitkan secara umum tanpa memperhatikan
karakteristik penggunanya. Untuk melengkapi modul yang digunakan oleh guru maka diperlukan E-modul.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-modul pembelajaran ekonomi materi pasar modal untuk
siswa kelas XI IPS MAN 1 Jember. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model
Four D oleh Thiagarajan et al. Model pengembangan tersebut terdiri dari beberapa tahap yaitu pendefinisian
(define), perancangan (design), pengembangan (develope) dan penyebaran (disseminate). Subyek uji coba
dalam penelitian ini meliputi subyek uji coa kelompok terbatas yaitu 10 siswa kelas XI IPS 3 dan subyek uji
coba kelompok luas yaitu seluruh siswa kelas XI IPS 2 MAN 1 Jember. Instrumen pengumpulan data meliputi
lembar validasi E-modul, lembar hasil wawancara, angket respon siswa dan tes hasil belajar. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa E-modul yang dikembangkan lebih menarik, lebih efisien dan lebih efektif. Kemenarikan
E-modul dilihat dari hasil angket respon siswa, tingkat efisiensi E-modul diketahui dari hasil wawancara
dengan guru dan siswa sedangkan efektifitas E-modul dilihat dari kenaikan hasil belajar siswa yang diketahui
dari nilai pretest dan postest. Kesimpulan dari penelitian pengembangan ini adalah E-modul yang
dikembangkan lebih menarik, lebih efisien dan lebih efektif dibandingkan dengan modul yang digunakan
sebelumnya
Collections
- LSP-Jurnal Ilmiah Dosen [7359]