Show simple item record

dc.contributor.authorFITRIA DWI ANANDA
dc.date.accessioned2013-09-17T02:13:55Z
dc.date.available2013-09-17T02:13:55Z
dc.date.issued2013-09-17
dc.identifier.nimNIM070210204135
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/1048
dc.description.abstractKeterampilan menulis merupakan keterampilan yang sangat penting dalam kehidupan, tidak hanya penting dalam kehidupan pendidikan, tetapi juga sangat penting dalam kehidupan masyarakat. Keterampilan menulis itu sangat penting karena merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang harus dimiliki oleh siswa. Keterampilan menulis karangan siswa kelas IV SDN Banjarsengon 1 Jember masih rendah, dengan nilai persentase sebesar 48%, dari 37 siswa hanya 17 siswa yang tuntas. Beberapa kesulitan yang dihadapi siswa antara lain: 1) siswa belum dapat memilih kosa kata yang tepat dalam menulis, 2) kemampuan siswa dalam mengorganisasi ide belum tertata dengan baik, dan 3) kualitas ide yang dihasilkan masih rendah. Dalam mengatasi kesulitan-kesulitan tersebut guru perlu mencari upaya yang dapat membuat siswa menulis dengan baik. Agar dapat menulis kadang-kadang siswa perlu dipacu dengan menggunakan media yang menarik, salah satu media yang dapat membuat siswa tertarik adalah media objek langsung. Berdasarkan latar belakang di atas maka dirumuskan masalah sebagai berikut: 1) bagaimanakah penggunaan media objek langsung yang dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi pada siswa kelas IV SDN Banjarsengon 01 Jember tahun pelajaran 2011/2012?, dan 2) bagaimanakah peningkatan keterampilan menulis karangan deskripsi pada siswa kelas IV SDN Banjarsengon 01 Jember tahun pelajaran 2011/2012 setelah mendapatkan pembelajaran menulis karangan deskripsi dengan menggunakan media objek langsung?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: 1) mendeskripsikan penggunaan media objek langsung yang dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi pada siswa kelas IV SDN Banjarsengon 01 Jember tahun pelajaran 2011/2012, dan 2) meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas IV SDN Banjarsengon 01 Jember tahun pelajaran 2011/2012 setelah mendapatkan pembelajaran menulis karangan deskripsi dengan menggunakan media objek langsung. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas IV SDN Banjarsengon 01 Jember tahun pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 37 siswa. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah tes, observasi, dan wawancara. Sedangkan proses analisis data penelitian ini adalah uji ketuntasan belajar siswa. Penggunaan media objek langsung yang dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi dalam pembelajaran adalah: 1) guru menjelaskan tentang karangan deskripsi dan langkah-langkah pembuatannya, 2) siswa secara berkelompok menentukan benda yang akan dideskripsikan dan mengidentifikasi ciri-cirinya, 3) guru membimbing siswa keluar kelas untuk melakukan pengamatan, 4) siswa secara individu menulis karangan deskripsi berdasarkan kerangka karangan yang telah dibuat dengan menggunakan ejaan dan tanda baca yang tepat, dan 5) siswa berkolaborasi bersama teman kelompoknya untuk meneliti kembali karangan yang telah ditulisnya. Peningkatan keterampilan menulis karangan deskripsi pada siswa kelas IV SDN Banjarsengon 01 Jember tahun pelajaran 2011/2012 setelah mendapatkan pembelajaran menulis karangan deskripsi dengan menggunakan media objek langsung cukup tinggi. Pada siklus I, siswa yang tuntas berjumlah 26 siswa atau 70% siswa yang tuntas secara klasikal, dengan nilai rata-rata sebesar 64,7. Pada siklus II, siswa yang tuntas berjumlah 34 siswa atau sebesar 94% yang tuntas secara klasikal, dengan nilai rata-rata sebesar 74,2 atau lebih mencapai ketuntasan seperti yang diharapkan yaitu >60 sehingga pembelajaran dihentikan pada siklus II. Peningkatan ini mengindikasikan bahwa keterampilan menulis karangan deskripsi siswa meningkat. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan kepada guru untuk selalu berupaya mencari alternatif terbaik dalam menyampaikan pembelajaran. Media objek langsung dapat dijadikan alternatif untuk menciptakan pembelajaran yang menyenangkan, sehingga siswa bersemangat dan berperan aktif dalam kegiatan pembelajaran.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210204135;
dc.subjectKARANGAN DESKRIPSIen_US
dc.titlePENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI DENGAN MEDIA OBJEK LANGSUNG PADA SISWA KELAS IV SDN BANJARSENGON 01 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011/2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record