PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI DENGAN MEDIA OBJEK LANGSUNG PADA SISWA KELAS IV SDN BANJARSENGON 01 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Abstract
Keterampilan menulis merupakan keterampilan yang sangat penting dalam
kehidupan, tidak hanya penting dalam kehidupan pendidikan, tetapi juga sangat penting
dalam kehidupan masyarakat. Keterampilan menulis itu sangat penting karena
merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang harus dimiliki oleh siswa.
Keterampilan menulis karangan siswa kelas IV SDN Banjarsengon 1 Jember
masih rendah, dengan nilai persentase sebesar 48%, dari 37 siswa hanya 17 siswa yang
tuntas. Beberapa kesulitan yang dihadapi siswa antara lain: 1) siswa belum dapat
memilih kosa kata yang tepat dalam menulis, 2) kemampuan siswa dalam
mengorganisasi ide belum tertata dengan baik, dan 3) kualitas ide yang dihasilkan
masih rendah. Dalam mengatasi kesulitan-kesulitan tersebut guru perlu mencari upaya
yang dapat membuat siswa menulis dengan baik. Agar dapat menulis kadang-kadang
siswa perlu dipacu dengan menggunakan media yang menarik, salah satu media yang
dapat membuat siswa tertarik adalah media objek langsung.
Berdasarkan latar belakang di atas maka dirumuskan masalah sebagai berikut: 1)
bagaimanakah penggunaan media objek langsung yang dapat meningkatkan
keterampilan menulis karangan deskripsi pada siswa kelas IV SDN Banjarsengon 01
Jember tahun pelajaran 2011/2012?, dan 2) bagaimanakah peningkatan keterampilan
menulis karangan deskripsi pada siswa kelas IV SDN Banjarsengon 01 Jember tahun
pelajaran 2011/2012 setelah mendapatkan pembelajaran menulis karangan deskripsi
dengan menggunakan media objek langsung?.
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: 1) mendeskripsikan penggunaan media
objek langsung yang dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi
pada siswa kelas IV SDN Banjarsengon 01 Jember tahun pelajaran 2011/2012, dan 2) meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas IV SDN
Banjarsengon 01 Jember tahun pelajaran 2011/2012 setelah mendapatkan pembelajaran
menulis karangan deskripsi dengan menggunakan media objek langsung.
Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam
penelitian adalah siswa kelas IV SDN Banjarsengon 01 Jember tahun pelajaran
2011/2012 yang berjumlah 37 siswa. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan
data adalah tes, observasi, dan wawancara. Sedangkan proses analisis data penelitian ini
adalah uji ketuntasan belajar siswa.
Penggunaan media objek langsung yang dapat meningkatkan keterampilan
menulis karangan deskripsi dalam pembelajaran adalah: 1) guru menjelaskan tentang
karangan deskripsi dan langkah-langkah pembuatannya, 2) siswa secara berkelompok
menentukan benda yang akan dideskripsikan dan mengidentifikasi ciri-cirinya, 3) guru
membimbing siswa keluar kelas untuk melakukan pengamatan, 4) siswa secara individu
menulis karangan deskripsi berdasarkan kerangka karangan yang telah dibuat dengan
menggunakan ejaan dan tanda baca yang tepat, dan 5) siswa berkolaborasi bersama
teman kelompoknya untuk meneliti kembali karangan yang telah ditulisnya.
Peningkatan keterampilan menulis karangan deskripsi pada siswa kelas IV SDN
Banjarsengon 01 Jember tahun pelajaran 2011/2012 setelah mendapatkan pembelajaran
menulis karangan deskripsi dengan menggunakan media objek langsung cukup tinggi.
Pada siklus I, siswa yang tuntas berjumlah 26 siswa atau 70% siswa yang tuntas secara
klasikal, dengan nilai rata-rata sebesar 64,7. Pada siklus II, siswa yang tuntas berjumlah
34 siswa atau sebesar 94% yang tuntas secara klasikal, dengan nilai rata-rata sebesar
74,2 atau lebih mencapai ketuntasan seperti yang diharapkan yaitu >60 sehingga
pembelajaran dihentikan pada siklus II. Peningkatan ini mengindikasikan bahwa
keterampilan menulis karangan deskripsi siswa meningkat.
Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan kepada guru untuk selalu berupaya
mencari alternatif terbaik dalam menyampaikan pembelajaran. Media objek langsung
dapat dijadikan alternatif untuk menciptakan pembelajaran yang menyenangkan,
sehingga siswa bersemangat dan berperan aktif dalam kegiatan pembelajaran.