Show simple item record

dc.contributor.authorSAHRITA, Titis
dc.contributor.authorSUSANTO, Susanto
dc.contributor.authorYUDIANTO, Erfan
dc.contributor.authorSUGIARTI, Titik
dc.contributor.authorSETIAWAN, Toto’ Bara
dc.date.accessioned2021-06-22T03:07:50Z
dc.date.available2021-06-22T03:07:50Z
dc.date.issued2021-06-01
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/104851
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses berpikir geometri siswa dalam menyelesaikan masalah luas permukaan limas dan prisma melalui tahapan Polya. Subjek penelitian ini adalah dua siswa yang berada pada level deduksi informal di SMPN 3 Jember. Siswa diberikan tes tentang luas permukaan limas dan prisma, dilanjutkan dengan wawancara. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses berpikir siswa mengalami kondisi disequilbrium dan equilbrium dengan melalui asimilasi dan akomodasi dalam setiap tahap pemecahan masalah luas permukaan limas dan prisma, serta siswa juga memenuhi indikator kemampuan berpikir geometri Van Hiele pada level deduksi informal. Siswa memahami kondisi dan fakta masalah, mengidentifikasi himpunan sifat-sifat bangun yang berbeda-beda untuk mengkarakterisasi kelas dan mengaitkan antar karakteristik pembentuk konsep, menentukan rumus yang tepat dalam pemecahan masalah, dan memecahkan masalah dengan menekankan pada pentingnya sifat gambar dan relasinyaen_US
dc.language.isoInden_US
dc.publisherTransformasi :Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematikaen_US
dc.subjectBerpikir deduksi informalen_US
dc.subjecttahapan Polyaen_US
dc.subjectluas permukaan limas dan prismaen_US
dc.titleProses Berpikir Siswa Level Deduksi Informal Dalam Menyelesaikan Masalah Luas Permukaan Limas Dan Prisma Berdasarkan Tahapan Polyaen_US
dc.typeArticleen_US
dc.identifier.kodeprodiKODEPRODI0210191#Pendidikan Matematika
dc.identifier.nidnNIDN0629088401
dc.identifier.nidnNIDN0016038502
dc.identifier.nidnNIDN0004035806
dc.identifier.nidnNIDN0009125805


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record