Berpikir Siswa Level Deduksi Dalam Membuktikan Teorema Kesebandingan Segitiga Dan Konversnya Berdasarkan Langkahlangkah Polya
Date
2021-04-01Author
YUDIANTO, Erfan
DEWI, Niken Shofiana
SETIAWAN, Toto Bara
Metadata
Show full item recordAbstract
Kemampuan membuktikan jarang sekali diasah dalam pembelajaran matematika. Dengan demikian, hal tersebut
menjadi menarik ketika dikaji dan dikaitkan dengan level berpikir geometri van Hiele yaitu level deduksi. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui proses berpikir siswa level deduksi dalam membuktikan Triangle Proportionally Theorem
dan konversnya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Siswa level deduksi diberikan tes pembuktian teorema
sebanyak dua soal, kemudian dilakukan wawancara untuk mengetahui lebih dalam proses berpikirnya. Hasil yang
diperoleh adalah siswa level deduksi mampu membuktikan teorema dengan memanfaatkan pengetahuan yang dimiliki
baik mengenai unsur-unsur pangkal (titik dan garis), postulat kesejajaran garis dan kesebangunan segitiga AAA, definisi
sudut dan kekongruenan sudut, teorema kesejajaran garis dan kesebangunan segitiga SAS~, corollary CSSTP dan
CASTC. Hal ini terlihat dari hasil pembuktian yang diberikan dan wawancara yang dilakukan oleh peneliti terhadap siswa
tersebut.
Collections
- LSP-Jurnal Ilmiah Dosen [7301]