• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Dengan Model Blended Learning Tipe Flipped Classroom Berbasis Lesson Study For Learning Community Dan Pengaruh Implementasinya Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa

    Thumbnail
    View/Open
    Ach. Reno Sya’roni - 180220101012.pdf (3.020Mb)
    Date
    2020-01-30
    Author
    SYA'RONI, Ach. Reno
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Keterampilan berpikir kreatif merupakan keterampilan berpikir untuk memunculkan ide baru dengan menggabungkan ide-ide yang telah ada sebelumnya. Seseorang dikatakan memiliki keterampilan berpikir kreatif apabila mampu memenuhi tiga indikator meliputi kefasihan, keluwesan, dan kebaruan. Keterampilan ini sangat diharapkan dapat dicapai melalui pembelajaran Matematika sebagai salah satu aspek kompetensi yang dibutuhkan dalam kehidupan abad ke-21 serta era revolsi industri 4.0. Fakta di lapangan menunjukkan keterampilan berpikir kreatif matematis siswa masih tergolong rendah. Hal ini disebabkan guru masih menekankan proses pembelajaran pada penguasaan materi daripada pengembangan keterampilan berpikir dan kompetensi siswa, serta keterbatasan waktu dan kemampuan guru untuk mengembangkan perangkat pembelajaran serta instrumen asesmen yang berorientasi pada peningkatan keterampilan berpikir kreatif. Oleh karena itu, penulis melaksanakan penelitian berupa pengembangan perangkat pembelajaran Matematika dengan model blended learning tipe flipped classroom berbasis lesson study for learning community pada materi pokok Relasi dan Fungsi kelas VIII SMP, serta menguji pengaruh implementasinya terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kombinasi dengan rancangan penelitian kombinasi multifase atau longitudinal (multiphase mixed methods). Penelitian ini akan dimulai dengan penelitian pengembangan secara kualitatif menggunakan prosedur pengembangan model 4D Thiagarajan, Semmel, dan Semmel untuk ix mengembangkan dan melaksanakan uji coba perangkat pembelajaran. Fase penelitian dilanjutkan dengan penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian eksperimen semu (quasi) menggunakan non-equivalent pretest-posttest control group design, dan diakhiri dengan penelitian deskriptif kualitatif untuk mendeskripsikan profil keterampilan berpikir kreatif siswa. Subjek penelitian ini adalah 96 orang siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Panji Situbondo tahun pelajaran 2019/2020, terdiri dari tiga kelas perlakuan dengan dua kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket/kuesioner, observasi, tes, dan wawancara. Data yang diperoleh pada penelitian dan pengembangan dianalisis dengan statistik deskriptif untuk menentukan validitas, kepraktisan, dan keefektifan perangkat pembelajaran. Data penelitian kuantitatif terlebih dahulu dilakukan pengujian normalitas dan homogenitas sebelum dianalisis secara statistik inferensial melalui uji Kruskal Wallis. Sedangkan data penelitian kualitatif dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, serta verifikasi dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan meliputi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Video Pembelajaran, Lembar Kerja Siswa (LKS), dan Tes Keterampilan Berpikir Kreatif. Perangkat pembelajaran tersebut telah dilakukan validasi dan memperoleh nilai ratarata 4,20 dan memenuhi kriteria valid. Hasil observasi keterlaksanaan perangkat pembelajaran diperoleh nilai rata-rata kepraktisan sebesar 4,27 dan dinyatakan memiliki nilai kepraktisan yang tinggi. Perangkat pembelajaran juga dinyatakan efektif berdasarkan hasil observasi aktivitas belajar siswa sebesar 69,94%, sebanyak 83,87% siswa mencapai kriteria ketuntasan minimal, serta 87,74% siswa memberikan respon positif terhadap perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan. Di sisi lain, hasil analisis data kuantitatif dengan uji Kruskal Wallis menunjukkan nilai signifikansi 0,017 (p-value < 0,05). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan implementasi perangkat pembelajaran matematika dengan model blended learning tipe flipped classroom berbasis lesson study for learning community terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/104668
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository