Pengaruh Model Pembelajaran Resource Based Learning (RBL) Dikombinasikan dengan Snowball Throwing terhadap Metakognisi dan Hasil Belajar Biologi
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Resource Based Learning dikombinasikan dengan
Snowball Throwing terhadap metakognisi dan hasil belajar biologi. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen (eksperimen
semu). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, wawancara, dan metode tes (pretest dan postest
desain), pada kelompok kontrol dan kelompok eksperimen¸ subyek dipilih secara random sampling. Data yang diperoleh
dianalisis dengan uji Anakova untuk hasil belajar kognitif dan Uji Independent Sample T-Test untuk hasil belajar afektif,
sementara untuk metakognisi diolah dengan menggolongkan dalam kriteria nilai sesuai dengan acuan yang berlaku dalam
rating scale kesadaran metakognitif. Kesimpulan dari penelitian ini yakni model pembelajaran Resource Based Learning
(RBL) dikombinasikan dengan Snowball Throwing berpengaruh terhadap metakognisi siswa, lalu terdapat pengaruh model
pembelajaran Resource Based Learning dikombinasikan dengan Snowball Throwing terhadap hasil belajar kognitif siswa,
serta terdapat perbedaan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan diterapkannya model pembelajaran Resource
Based Learning (RBL) dikombinasikan dengan Snowball Throwing terhadap hasil belajar afektif siswa.
Collections
- LSP-Jurnal Ilmiah Dosen [7300]