Show simple item record

dc.contributor.authorKURNIATI, Dian
dc.contributor.authorHARIMUKTI, Romi
dc.contributor.authorJAMIL, Nur Asiyah
dc.date.accessioned2021-04-23T01:49:58Z
dc.date.available2021-04-23T01:49:58Z
dc.date.issued2016-12-01
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/104389
dc.description.abstractTujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills/HOTS) siswa dalam menyelesaikan soal PISA berdasarkan indikator yang telah disusun. Kemampuan berpikir tingkat tinggi dalam penelitian ini meliputi kemampuan logika dan penalaran, analisis, evaluasi, serta kreasi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data meliputi metode dokumentasi, tes, dan wawancara. Hasil penelitian dari 30 siswa yang tersebar di beberapa SMP di Kabupaten Jember didapatkan bahwa 18 siswa mampu melakukan kemampuan logika dan penalaran, analisis, evaluasi, serta kreasi dengan baik dalam menyelesaikan beberapa soal, sehingga tergolong memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi dengan level sedang. Selanjutnya, 12 siswa tidak mampu melakukan kemampuan analisis, evaluasi, kreasi, logika dan penalaran dengan baik dalam menyelesaikan semua soal, sehingga tergolong memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi dengan level rendahen_US
dc.language.isoInden_US
dc.publisherJurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikanen_US
dc.subjectPISAen_US
dc.subjectkemampuan logika dan penalaranen_US
dc.subjectkemampuan analisisen_US
dc.subjectevaluasien_US
dc.subjectkreasien_US
dc.titleKemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Smp DI Kabupaten Jember Dalam Menyelesaikan Soal Berstandar Pisaen_US
dc.typeArticleen_US
dc.identifier.kodeprodiKODEPRODI0210191#Pendidikan Matematika


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record