Show simple item record

dc.contributor.authorYUDIANTO, Erfan
dc.contributor.authorSUGIARTI, Titik
dc.contributor.authorSUNARI, Sunari
dc.contributor.authorSALASARI, Karima
dc.date.accessioned2021-04-19T02:49:10Z
dc.date.available2021-04-19T02:49:10Z
dc.date.issued2021-03-16
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/104197
dc.description.abstractEtnomatematika merupakan kegiatan matematika multikultural yang menggunakan budaya dalam membuat koneksi dengan topik matematika yang khas, sehingga dapat memotivasi siswa untuk menyelidiki dan melestarikan budaya mereka sendiri sambil belajar matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi etnomatematika yang terdapat pada batik Gajah Oling berdasarkan konsep geometri. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan etnografi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Subjek penelitian adalah 1 orang yakni seorang pembuat desain dan seorang pembatik isen-isen batik Gajah Oling. Etnomatematika muncul baik pada hasil batik maupun proses pembuatan desain dan isen-isen. Pada tahap isen-isen muncul konsep titik dan garis, sedangkan pada tahap pembuatan desain batik Gajah Oling muncul konsep sudut, bangun datar, kesebangunan dan kekongruenan, transformasi geometri yang meliputi translasi, rotasi, refleksi, dan dilatasien_US
dc.language.isoInden_US
dc.publisherJurnal Pendidikan Matematika Indonesiaen_US
dc.subjectEtnomatematikaen_US
dc.subjectBatik Gajah Olingen_US
dc.subjectGeometrien_US
dc.subjectTransformasi Geometrien_US
dc.titleEtnomatematika: Identifikasi Batik Gajah Oling Berdasarkan Konsep Geometrien_US
dc.typeArticleen_US
dc.identifier.kodeprodiKODEPRODI0210191#Pendidikan Matematika
dc.identifier.nidnNIDN0016038502
dc.identifier.nidnNIDN0004035806


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record