Show simple item record

dc.contributor.authorKalvin Edo Wahyudi
dc.date.accessioned2013-12-19T06:22:28Z
dc.date.available2013-12-19T06:22:28Z
dc.date.issued2013-12-19
dc.identifier.nimNIM070910201009
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/10417
dc.description.abstractRiset evaluasi ini adalah salah satu bagian dari kegiatan analisis kebijakan publik, yang bertujuan untuk mengukur efektifitas (khususnya pencapaian intended impact) dari program sertifikasi guru. Adapun fokus utamanya adalah mengukur dampak program sertifikasi guru terhadap mutu pendidikan. Penelitian ini penting untuk dilakukan karena sejak diimplementasikan tahun 2006, belum pernah dilakukan pengukuran sebagaimana yang dimaksud (khususnya di Kabupaten Jember). Selain itu, hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti sebelumnya menunjukkan bahwa pascaprogram sertifikasi guru pada salah satu sekolah di Kabupaten Jember, justru terjadi penurunan mutu pendidikan. Realita ini penting untuk dikaji agar dapat diketahui apakah sekolah-sekolah yang lain mengalami kondisi yang sama. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui secondary data collecting model pada 56 sekolah (SMPN dan SMAN di Kabupaten Jember) yang dipilih berdasarkan teknik disproportionate stratified area random sampling. Penelitian ini memiliki 4 tingkatan analisis data, yaitu analisis deskriptif; komparatif; asosiatif dan time series. Analisis deskriptif bertujuan untuk mengukur output target achievment melalui penggambaran prosentase jumlah guru bersertifikasi. Analisis komparatif bertujuan untuk menguji hipotesis komparatif melalui penghitungan mengenai ada/tidaknya, arah hubungan dan skor efek dari perbedaan mutu pendidikan (yang diukur dengan rata-rata nilai ujian nasional siswa) ketika siswa diajar oleh guru bersertifikasi dan ketika tidak diajar guru bersertifikasi. Analisis asosiatif bertujuan untuk menguji hipotesis asosiatif yang diformulasikan dari dialog hasil analisis deskriptif dan komparatif melalui penghitungan ada/tidaknya hubungan, sifat hubungan dan skor tingkat hubungan antara variabel X (jumlah guru bersertifikasi di setiap sekolah yang mengajar mata pelajaran UN di kelas akhir periode 2011/2012) dan variabel Y (rata-rata nilai ujian nasional siswa di setiap sekolah periode 2011/2012). Sedangkan analisis time series bertujuan untuk menilai hubungan/kesesuaian trend antara variabel X (rata-rata jumlah guru bersertifikasi pengajar mata pelajaran UN di kelas akhir) dan variabel Y (rata-rata nilai ujian nasional siswa) dari periode 2007/2008 sampai 2011/2012. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa dari seluruh sampel, rata-rata jumlah guru bersertifikasi hanya mencapai 51,88%, artinya output target achievment program sertifikasi guru di Kabupaten Jember masih rendah. Hasil analisis komparatif menunjukkan bahwa pasca Program Sertifikasi Guru mutu pendidikan mengalami peningkatan, akan tetapi ukuran efek dari dampak tersebut masih tergolong rendah. Hasil analisis asosiatif menunjukkan bahwa ada hubungan positif antara variabel X dan variabel Y dan tingkat hubungan tersebut tergolong cukup. Adapun hasil analisis time series menunjukkan adanya kesesuaian trend atau dengan kata lain ada hubungan positif antara variabel X dan variabel Y, meskipun kuatnya hubungan tersebut belum optimal. Kesimpulannya, program sertifikasi guru telah memberikan dampak positif terhadap mutu pendidikan. Artinya, upaya pemerintah dalam memperbaiki mutu pendidikan melalui peningkatan mutu dan jumlah guru profesional melalui program sertifikasinya menunjukkan hasil yang positif. Atau dengan kata lain, program sertifikasi guru menujukkan kinerja yang positif. Meskipun harus diakui bahwa kinerja positif itu masih belum optimal.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070910201009;
dc.subjectsertifikasi guru, mutu pendidikanen_US
dc.titleDampak Program Sertifikasi Guru Terhadap Mutu Pendidikan: Riset Evaluasi pada SMPN dan SMAN di Kabupaten Jemberen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record