dc.contributor.advisor | Suryaningsih, Ika Barokah | |
dc.contributor.advisor | Nugraha, Kristian Suhartadi Widi | |
dc.contributor.author | Hidayat, Royan Wicaksono | |
dc.date.accessioned | 2021-04-16T07:05:13Z | |
dc.date.available | 2021-04-16T07:05:13Z | |
dc.date.issued | 2021-01-13 | |
dc.identifier.nim | 160810201203 | |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/104176 | |
dc.description.abstract | Masyarakat Indonesia saat ini banyak menggunakan internet dalam
melakukan segala aktivitasnya termasuk kegiatan belanja online. Fenomena
belanja online yang sedang terjadi di Indonesia, salah satu faktornya adalah
pertumbuhan e-commerce yang semakin pesat. Salah satu e-commerce yang
paling diminati oleh masyarakat Indonesia adalah Shopee. Di Indonesia, Shopee
diperkenalkan pada tahun 2015 yang berada dibawah naungan PT Shopee
Internasional Indonesia. Banyaknya peminat Shopee sebagai tempat belanja
online karena reputasi yang dimilikinya. Reputasi merupakan salah satu faktor
yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Reputasi dapat
terbentuk dari pengalaman seseorang dengan produk atau layanan yang mereka
dapatkan dari perusahaan dalam hal ini adalah e-commerce. Upaya yang
dilakukan oleh pihak pengembang Shopee untuk meningkatkan reputasi yang
dimilikinya serta mendorong keputusan pembelian konsumen adalah dengan
memberikan pengalaman berbelanja yang menyenangkan dengan cara
meningkatkan kualitas layanan sistem informasi teknologi melalui fitur live chat,
online customer review, dan online shopping window display. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui peran moderasi fitur live chat, online customer
reviews, dan online shopping window display pada pengaruh reputasi terhadap
keputusan pembelian di C2C e-commerce Shopee.
Penelitian ini merupakan kedalam jenis explanatory research. Metode
pengumpulan data dilakukan dengan membagikan kuisioner online berupa links
google form melalui media sosial dan diperoleh sampel sebanyak 200 responden
yang terdiri dari wanita dan pria dari berbagai kota di Indonesia. Pengambilan
sampel pada penelitian ini menggunakan metode probability sampling dengan
teknik purposive sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis
interaksi atau moderated regression analysis (MRA).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa reputasi berpengaruh positif dan
signifikan terhadap keputusan pembelian di C2C e-commerce Shopee. Fitur live
chat memperkuat pengaruh reputasi terhadap keputusan pembelian di C2C ecommerce
Shopee. Online customer reviews memperkuat pengaruh reputasi
terhadap keputusan pembelian di C2C e-commerce Shopee. Online shopping
window display memperkuat pengaruh reputasi terhadap keputusan pembelian di
C2C e-commerce Shopee | en_US |
dc.language.iso | Ind | en_US |
dc.publisher | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Jember | en_US |
dc.subject | Keputusan Pembelian | en_US |
dc.subject | Reputasi | en_US |
dc.title | Peran Moderasi Fitur Live Chat, Online Customer Reviews, Dan Online Shopping Window Display Pada Pengaruh Reputasi Terhadap Keputusan Pembelian DI c2c E-commerce Shopee | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
dc.identifier.prodi | Manajemen | |
dc.identifier.kodeprodi | 0810201 | |