Show simple item record

dc.contributor.advisorKhutobah
dc.contributor.advisorSuhartiningsih
dc.contributor.authorFAGI, Alya Muthia Khanza
dc.date.accessioned2021-04-16T01:42:53Z
dc.date.available2021-04-16T01:42:53Z
dc.date.issued2021-01-01
dc.identifier.nim150210205069
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/104133
dc.description.abstractTaman kanak-kanak merupakan pendidikan anak usia dini dalam jalur formal.. Masa usia dini disebut the golden age (masa emas), masa-masa ini sangat penting untuk diberi stimulasi-stimulasi yang dapat mengembangkan seluruh aspek perkembangan. Perkembangan kemampuan membaca anak usia dini membutuhkan rangsangan dari lingkungan, salah satunya yaitu lingkungan sekolah. Kegiatan pembelajaran pada anak usia dini harus dilakukan dengan kegiatan bermain dan belajar serta menggunakan media yang menarik minat anak. Kemampuan membaca anak-anak kelompok B TK Bina Anaprasa Nuris Antirogo Kabupaten Jember masih kurang berkembang, sebagian besar anak kelompok B mengalami kesulitan dalam kemampuan membaca. Anak kelompok B belum mampu menyebutkan bunyi huruf dengan simbol yang melambangkannya, menyebutkan huruf vokal dan kosonan, membaca beberapa kata dan kalimat. Penggunaan media pembelajaran pada kelompok B kurang menarik, hanya menggunakan gambar, warna kurang menarik ( hitam putih) dan ukuran gambar kecil. Proses pembelajaran dikelas, guru masih berfokus pada pemberian tugas pada majalah, sehingga cenderung membuat anak cepat bosan, ramai dan tidak memperhatikan guru. Kebiasaan tersebut perlu diperbaiki, sehingga pembelajaran menjadi menarik dan kemampuan membaca anak kelompok B.. Berdasarkan uraian tersebut, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Adakah pengaruh pengaruh media bermain kartu kata bergambar terhadap kemampuan membaca siswa kelompok B di Tk Bina Anaprasa Nuris Antirogo Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2020/2021? Berdasarkan rumusan masalah yang telah dipaparkan, tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh media bermain kartu kata bergambar terhadap kemampuan membaca siswa kelompok B di Tk Bina Anaprasa Nuris Antirogo Kabupaten Jember. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimental.penelitian eksperimental merupakan penelitian yang dimaksudkan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh atau dampak dari suatu perlakuan (treatment) tertentu terhadap perubahan suatu kondisi atau keadaan tertentu. Penelitian eksperimental ini dilakukan untuk melihat dari pengaruh media kartu kata bergambar terhadap kemampuan membaca siswa Kelompok B di TK Bina Anaprasa Nuris Antirogo Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2020/2021. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari (1) hasil observsi untuk melihat aspek kemampuan membaca anak selama proses pembelajaran berlangsung di kelompok B di TK Bina Anaprasa Nuris Antirogo Kabupaten Jember, (2) Informasi dari kepala sekolahh dan guru –guru kelompok B di TK Bina Anaprasa Nuris Antirogo Kabupaten Jember, (3) Literatur yang mendukung, (4) Dokumentasi. Metode pengumpulan yang akan dilakukan dalam penelitian ini adalah metode observasi, tes, dokumentasi. Berdasarkan hasil uji-T diperoleh hasil thitung sebesar 3,720. Hasil tersebut kemudian dikonsultasikan dengan ttabel. Diketahui df= n-2 (34-2) = 32 pada taraf signifikasi 5% , sehingga ttabel = 2,041. Berdasarkan hasil tersebut dapat diketahui bahwa hipotesis nihil ( ditolak dan hipotesis alternatif ( ) diterima yang artinya ada pengaruh metode bermain kartu kata bergambar terhadap kemampuan membaca pada siswa kelompok B di TK Bina Anaprasa Nuris Antirogo Kabupaten Jember. Saran yang disampaikan dari hasil penelitiian ini adalah model pembelajaran kartu kata bergambar dapat dijadikan sebagai cara alternatif untuk meningkatkan kemampuan membaca anak sehingga dapat diajarkan dan diterapkan oleh semua guru. Bagi sekolah hendaknya selalu punya cara yang menarik dan tidak membosankan untuk mengembangkan perkembangan pada tiap-tiap kemampuan anak usia dini.en_US
dc.language.isoInden_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectMedia Kartu Kata Bergambaren_US
dc.subjectKemampuan Membacaen_US
dc.titlePengaruh Media Kartu Kata Bergambar Terhadap Kemampuan Membaca Pada Siswa Kelompok B Di TK Bina Anaprasa Nuris Antirogo Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2020/2021en_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.prodiPendidikan Guru PAUD
dc.identifier.kodeprodi0210205


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record