• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Media Kartu Kata Bergambar Terhadap Kemampuan Membaca Pada Siswa Kelompok B Di TK Bina Anaprasa Nuris Antirogo Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2020/2021

    Thumbnail
    View/Open
    ALYA MUTHIA KHANZA FAGI - 150210205069.pdf (3.793Mb)
    Date
    2021-01-01
    Author
    FAGI, Alya Muthia Khanza
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Taman kanak-kanak merupakan pendidikan anak usia dini dalam jalur formal.. Masa usia dini disebut the golden age (masa emas), masa-masa ini sangat penting untuk diberi stimulasi-stimulasi yang dapat mengembangkan seluruh aspek perkembangan. Perkembangan kemampuan membaca anak usia dini membutuhkan rangsangan dari lingkungan, salah satunya yaitu lingkungan sekolah. Kegiatan pembelajaran pada anak usia dini harus dilakukan dengan kegiatan bermain dan belajar serta menggunakan media yang menarik minat anak. Kemampuan membaca anak-anak kelompok B TK Bina Anaprasa Nuris Antirogo Kabupaten Jember masih kurang berkembang, sebagian besar anak kelompok B mengalami kesulitan dalam kemampuan membaca. Anak kelompok B belum mampu menyebutkan bunyi huruf dengan simbol yang melambangkannya, menyebutkan huruf vokal dan kosonan, membaca beberapa kata dan kalimat. Penggunaan media pembelajaran pada kelompok B kurang menarik, hanya menggunakan gambar, warna kurang menarik ( hitam putih) dan ukuran gambar kecil. Proses pembelajaran dikelas, guru masih berfokus pada pemberian tugas pada majalah, sehingga cenderung membuat anak cepat bosan, ramai dan tidak memperhatikan guru. Kebiasaan tersebut perlu diperbaiki, sehingga pembelajaran menjadi menarik dan kemampuan membaca anak kelompok B.. Berdasarkan uraian tersebut, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Adakah pengaruh pengaruh media bermain kartu kata bergambar terhadap kemampuan membaca siswa kelompok B di Tk Bina Anaprasa Nuris Antirogo Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2020/2021? Berdasarkan rumusan masalah yang telah dipaparkan, tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh media bermain kartu kata bergambar terhadap kemampuan membaca siswa kelompok B di Tk Bina Anaprasa Nuris Antirogo Kabupaten Jember. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimental.penelitian eksperimental merupakan penelitian yang dimaksudkan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh atau dampak dari suatu perlakuan (treatment) tertentu terhadap perubahan suatu kondisi atau keadaan tertentu. Penelitian eksperimental ini dilakukan untuk melihat dari pengaruh media kartu kata bergambar terhadap kemampuan membaca siswa Kelompok B di TK Bina Anaprasa Nuris Antirogo Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2020/2021. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari (1) hasil observsi untuk melihat aspek kemampuan membaca anak selama proses pembelajaran berlangsung di kelompok B di TK Bina Anaprasa Nuris Antirogo Kabupaten Jember, (2) Informasi dari kepala sekolahh dan guru –guru kelompok B di TK Bina Anaprasa Nuris Antirogo Kabupaten Jember, (3) Literatur yang mendukung, (4) Dokumentasi. Metode pengumpulan yang akan dilakukan dalam penelitian ini adalah metode observasi, tes, dokumentasi. Berdasarkan hasil uji-T diperoleh hasil thitung sebesar 3,720. Hasil tersebut kemudian dikonsultasikan dengan ttabel. Diketahui df= n-2 (34-2) = 32 pada taraf signifikasi 5% , sehingga ttabel = 2,041. Berdasarkan hasil tersebut dapat diketahui bahwa hipotesis nihil ( ditolak dan hipotesis alternatif ( ) diterima yang artinya ada pengaruh metode bermain kartu kata bergambar terhadap kemampuan membaca pada siswa kelompok B di TK Bina Anaprasa Nuris Antirogo Kabupaten Jember. Saran yang disampaikan dari hasil penelitiian ini adalah model pembelajaran kartu kata bergambar dapat dijadikan sebagai cara alternatif untuk meningkatkan kemampuan membaca anak sehingga dapat diajarkan dan diterapkan oleh semua guru. Bagi sekolah hendaknya selalu punya cara yang menarik dan tidak membosankan untuk mengembangkan perkembangan pada tiap-tiap kemampuan anak usia dini.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/104133
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository