Penggunaan Multimedia Interaktif Berbasis Android Sistem Appy Pie Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Xa Jurusan Pemasaran Smk AR-Raudlah Jember (Studi Kasus Pada Kompetensi Dasar Menerapkan Ilmu Ekonomi Dalam Kegiatan Usaha Tahun Ajaran 2019/2020)
Abstract
Kegiatan belajar mengajar merupakan faktor utama berhasilnya tujuan 
pembelajaran. Faktor pembelajaran yang memiliki peran cukup penting dalam 
kegiatan pembelajaran di kelas yaitu pada penggunaan media pembelajaran, 
karena penggunaan media yang tepat akan mempermudah guru dalam 
menyampaikan materi kepada siswa. Perkembangan media pembelajaran berbasis 
android saat ini sangat pesat. Banyak sekali diciptakan media pembelajaran 
berbasis android yang dapat digunakan untuk menunjang proses pembelajaran 
salah satunya adalah Appy Pie. Pada era teknologi informasi seperti sekarang, 
kebanyakan siswa memanfaatkan internet untuk membuka situs jejaring sosial. 
SMK Ar-Raudlah Jember merupakan salah satu sekolah yang juga sudah 
mengenal pembelajaran berbasis internet akan tetapi belum menggunakan 
multimedia interaktif berbasis android sistem appy pie. Adapun tujuan dalam 
penelitian ini adalah meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dalam mata 
pelajaran Ekonomi Bisnis menggunakan multimedia interaktif berbasis android 
sistem appy pie.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas untuk 
meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas XA Jurusan Pemasaran SMK 
Ar-Raudlah Jember melalui multimedia interaktif berbasis android appy pie yang 
dilakukan pada saat pembelajaran di kelas. Lokasi yang dijadikan penelitian 
adalah SMK Ar-Raudlah Jember. Penentuan lokasi menggunakan metode purposive area. Penentuan subjek dan objek penelitian menggunakan metode
purposive. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. 
Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, tes dan 
dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis data motivasi 
belajar melalui observasi dan analisis data hasil belajar melalui tes formatif.
Hasil dari penggunaan multimedia interaktif berbasis android appy pie
untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas XA Jurusan Pemasaran 
di SMK Ar-Raudlah Jember menunjukkan bahwa adanya peningkatan skor 
moivasi belajar dari pra-siklus 1,8 (kategori rendah) menjadi 2,85 (kategori 
sedang) pada siklus 1. Peningkatan pada siklus 1 disebabkan karena adanya 
tindakan penelitian dengan menggunakan multimedia interaktif berbasis android 
sistem appy pie. Pada siklus 1 terdapat 4 indikator yang termasuk ke dalam 
kategori sedang yaitu semangat belajar siswa untuk melaksanakan tugas-tugas 
belajarnya, tanggungjawab siswa terhadap tugas belajarnya, reaksinya terhadap 
stimulus yang diberikan oleh guru, rasa senang siswa terhadap tugas yang 
diberikan guru. Dari hasil siklus 1 motivasi belajar meningkat lagi menjadi 3,37 
(kategori tinggi) pada siklus 2. Peningkatan pada siklus 2 disebabkan karena siswa 
sudah mulai terbiasa multimedia interaktif berbasis android sistem appy pie pada 
pembelajaran dan guru lebih mendorong siswa untuk terus aktif belajar 
menggunakan multimedia interaktif berbasis android sistem appy pie. Seluruh 
indikator mengalami peningkatan terutama pada ke-3 indikator yang termasuk 
dalam kategori sedang berubah menjadi tinggi pada siklus 2. 
Hasil belajar setelah menggunakan multimedia interaktif berbasis android 
sistem appy pie juga ditunjukkan dengan adanya peningkatan nilai rata-rata kelas 
dari pra-siklus 71,5 menjadi 74,2 pada siklus 1, dan 81,9 pada siklus 2 dengan 
kategori tuntas. Kesimpulannya bahwa penggunaan multimedia interaktif berbasis 
android sistem appy pie pada mata pelajaran Ekonomi Bisnis ternyata dapat 
meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas XA Jurusan Pemasaran SMK 
Ar-Raudlah Jember
