dc.description.abstract | Permintaan akan minyak goreng di Indonesia sangat tinggi karena merupakan
bahan pangan pokok yang bermanfaat sebagai media untuk menggoreng. Pentingnya
minyak goreng bagi konsumsi rumah tangga merupakan peluang bagi produsen
minyak goreng untuk meningkatkan penjualan minyak goreng dengan memberikan
pelayanan yang lebih terfokus pada suatu segmen pelanggan. Dalam melakukan
kegiatan pemasaran diperlukan pemikiran dan pertimbangan yang akurat. Dengan
memberikan informasi produk kepada konsumen melalui kualitasnya dan ini tidak
terlepas dari merek yang merupakan identitas produk tersebut. Merk merupakan
pembeda antara satu dengan yang lainnya. Merek mudah dikenali dan mudah diingat,
oleh karena itu penilaian konsumen terhadap suatu merek menjadi sesuatu hal yang
penting. Penilaian/Image konsumen berpengaruh terhadap penjualan barang tersebut.
Bila produk tersebut memberikan manfaat yang baik bagi konsumen artinya merek
tersebut dinilai/dipandang baik oleh konsumen. Oleh karena itu brand image yang
baik akan berdampak pada hasil penjualan. Dengan image yang baik maka akan
semakin banyak konsumen yang membeli produk tersebut.
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: Untuk mengetahui
pengaruh yang signifikan dari citra merek terhadap keputusan pembelian minyak
goreng Tropicana Slim pada Hypermart Ponorogo City Centre di Kabupaten
Ponorogo. Metode dalam penelitian pada dasarnya ini menggunakan pendekatan
kuantitatif. Penelitian ini tergolong sebagai penelitian asosiatif atau hubungan, yang
dapat digunakan untuk mengetahui hubungan sebab akibat hubungan atau pengaruh variabel bebas (X) terhadap variabel (Y). Jadi penelitian ini untuk mengetahui
pengaruh Citra Merek terhadap keputusan pembelian minyak goreng Tropicana Slim
Di Hypermart City Center, Kabupaten Ponorogo. Jumlah sampel dalam penelitian ini
sebesar 100 responden dengan teknik insidental sampling.
Teknik analisis menggunakan regresi sederhana yang bertujuan untuk
memperoleh gambaran yang menyeluruh mengenai hubungan antara variabel
independen dan variabel dependen untuk kinerja pada masing-masing perusahaan
baik secara parsial. Uji hipotesis menggunakan uji T.
Berdasarkan hasil uji T menunjukkan bahwa besarnya T hitung = 16,472 > T
tabel = 1,660 dengan tingkat signifikansi T = 0,000 < α = 0,05. Hal ini menunjukkan
bahwa variabel citra merek memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Keputusan
Pembelian Minyak Goreng Tropicana Slim di Hypermart Ponorogo City Center di
Kabupaten Ponorogo. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak
dan Ha diterima yaitu ada pengaruh yang signifikan variabel citra merek terhadap
Keputusan Pembelian Minyak Goreng Tropicana Slim di Hypermart Ponorogo City
Center di Kabupaten Ponorogo.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh yang signifikan citra
merek terhadap Keputusan Pembelian Minyak Goreng Tropicana Slim di Hypermart
Ponorogo City Center di Kabupaten Ponorogo sebesar 73,5%. Sedangkan sisanya
yaitu 26,5% dipengaruhi variable bebas lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian
ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minyak goreng Tropicana Slim memiliki
citra merek yang baik sehingga konsumen mempunyai keputusan untuk membeli
minyak goreng Tropicana Slim | en_US |