Pengaruh Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Minyak Goreng Tropicana Slim Pada Hypermart Ponorogo City Center di Kabupaten Ponorogo
Abstract
Permintaan akan minyak goreng di Indonesia sangat tinggi karena merupakan 
bahan pangan pokok yang bermanfaat sebagai media untuk menggoreng. Pentingnya 
minyak goreng bagi konsumsi rumah tangga merupakan peluang bagi produsen 
minyak goreng untuk meningkatkan penjualan minyak goreng dengan memberikan 
pelayanan yang lebih terfokus pada suatu segmen pelanggan. Dalam melakukan 
kegiatan pemasaran diperlukan pemikiran dan pertimbangan yang akurat. Dengan 
memberikan informasi produk kepada konsumen melalui kualitasnya dan ini tidak 
terlepas dari merek yang merupakan identitas produk tersebut. Merk merupakan 
pembeda antara satu dengan yang lainnya. Merek mudah dikenali dan mudah diingat, 
oleh karena itu penilaian konsumen terhadap suatu merek menjadi sesuatu hal yang 
penting. Penilaian/Image konsumen berpengaruh terhadap penjualan barang tersebut.
Bila produk tersebut memberikan manfaat yang baik bagi konsumen artinya merek 
tersebut dinilai/dipandang baik oleh konsumen. Oleh karena itu brand image yang 
baik akan berdampak pada hasil penjualan. Dengan image yang baik maka akan 
semakin banyak konsumen yang membeli produk tersebut.
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: Untuk mengetahui 
pengaruh yang signifikan dari citra merek terhadap keputusan pembelian minyak 
goreng Tropicana Slim pada Hypermart Ponorogo City Centre di Kabupaten 
Ponorogo. Metode dalam penelitian pada dasarnya ini menggunakan pendekatan 
kuantitatif. Penelitian ini tergolong sebagai penelitian asosiatif atau hubungan, yang 
dapat digunakan untuk mengetahui hubungan sebab akibat hubungan atau pengaruh variabel bebas (X) terhadap variabel (Y). Jadi penelitian ini untuk mengetahui 
pengaruh Citra Merek terhadap keputusan pembelian minyak goreng Tropicana Slim 
Di Hypermart City Center, Kabupaten Ponorogo. Jumlah sampel dalam penelitian ini 
sebesar 100 responden dengan teknik insidental sampling.
Teknik analisis menggunakan regresi sederhana yang bertujuan untuk 
memperoleh gambaran yang menyeluruh mengenai hubungan antara variabel 
independen dan variabel dependen untuk kinerja pada masing-masing perusahaan 
baik secara parsial. Uji hipotesis menggunakan uji T.
Berdasarkan hasil uji T menunjukkan bahwa besarnya T hitung = 16,472 > T 
tabel = 1,660 dengan tingkat signifikansi T = 0,000 < α = 0,05. Hal ini menunjukkan 
bahwa variabel citra merek memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Keputusan 
Pembelian Minyak Goreng Tropicana Slim di Hypermart Ponorogo City Center di 
Kabupaten Ponorogo. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak 
dan Ha diterima yaitu ada pengaruh yang signifikan variabel citra merek terhadap 
Keputusan Pembelian Minyak Goreng Tropicana Slim di Hypermart Ponorogo City 
Center di Kabupaten Ponorogo.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh yang signifikan citra
merek terhadap Keputusan Pembelian Minyak Goreng Tropicana Slim di Hypermart
Ponorogo City Center di Kabupaten Ponorogo sebesar 73,5%. Sedangkan sisanya
yaitu 26,5% dipengaruhi variable bebas lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian
ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minyak goreng Tropicana Slim memiliki
citra merek yang baik sehingga konsumen mempunyai keputusan untuk membeli
minyak goreng Tropicana Slim
