• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM KUMPULAN CERPEN ROBOHNYA SURAU KAMI KARYA A.A. NAVIS DAN PEMANFAATANNYA SEBAGAI ALTERNATIF MATERI PEMBELAJARAN APRESIASI SASTRA DI SMA

    No Thumbnail [100%x80]
    View/Open
    Skripsi_1.pdf (236.2Kb)
    Date
    2013-12-19
    Author
    Muhammad Sirojudin
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Hasil penelitian ini berupa analisis intrinsik yang terdiri dari tokoh, konflik, tema, dan analisis ekstrinsik yang berupa nilai-nilai pendidikan. Keberadaan tokoh, konflik, dan tema dalam kumpulan cerpen Robohnya Surau Kami karya A.A.Navis, secara garis besar menyiratkan tema kemanusiaan. Nilai-nilai Pendidikan yang terkandung dalam Kumpulan cerpen Robohnya Surau Kami karya A.A. Navis meliputi nilai kesosialan, nilai kepribadian, nilai kesusilaan, dan nilai religius. Nilai kesosialan dalam kumpulan cerpen Robohnya Surau Kami karya A.A. Navis meliputi hormat dan suka menolong. Nilai kepribadian dalam kumpulan cerpen Robohnya Surau Kami karya A.A. Navis meliputi kerja keras, memaafkan, sabar, dan tanggung jawab. Nilai kesusilaan dalam kumpulan cerpen Robohnya Surau Kami karya A.A. Navis meliputi kasih sayang, kewaspadaan hidup, dan sadar diri. Nilai religius dalam kumpulan cerpen Robohnya Surau Kami karya A.A. Navis meliputi pengakuan adanya Tuhan dan keseimbangan. Simpulan yang diambil dari paparan hasil penelitian dan pembahasan adalah analisis kajian nilai-nilai pendidikan dapat dimanfaatkan sebagai alternatif materi pembelajaran apresiasi sastra tingkat SMA, khususnya cerpen, untuk mencapai kompetensi dasar menemukan nilai-nilai cerita pendek melalui kegiatan diskusi, menulis karangan berdasarkan pengalaman orang lain dalam cerpen, dan menemukan nilai-nilai dalam cerpen yang dibacakan.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/10377
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15318]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    NoThumbnail