NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM KUMPULAN CERPEN ROBOHNYA SURAU KAMI KARYA A.A. NAVIS DAN PEMANFAATANNYA SEBAGAI ALTERNATIF MATERI PEMBELAJARAN APRESIASI SASTRA DI SMA
Abstract
Hasil penelitian ini berupa analisis intrinsik yang terdiri dari tokoh, konflik,
tema, dan analisis ekstrinsik yang berupa nilai-nilai pendidikan. Keberadaan tokoh,
konflik, dan tema dalam kumpulan cerpen Robohnya Surau Kami karya A.A.Navis,
secara garis besar menyiratkan tema kemanusiaan. Nilai-nilai Pendidikan yang
terkandung dalam Kumpulan cerpen Robohnya Surau Kami karya A.A. Navis
meliputi nilai kesosialan, nilai kepribadian, nilai kesusilaan, dan nilai religius. Nilai
kesosialan dalam kumpulan cerpen Robohnya Surau Kami karya A.A. Navis meliputi
hormat dan suka menolong. Nilai kepribadian dalam kumpulan cerpen Robohnya
Surau Kami karya A.A. Navis meliputi kerja keras, memaafkan, sabar, dan tanggung
jawab. Nilai kesusilaan dalam kumpulan cerpen Robohnya Surau Kami karya A.A.
Navis meliputi kasih sayang, kewaspadaan hidup, dan sadar diri. Nilai religius dalam
kumpulan cerpen Robohnya Surau Kami karya A.A. Navis meliputi pengakuan
adanya Tuhan dan keseimbangan.
Simpulan yang diambil dari paparan hasil penelitian dan pembahasan adalah
analisis kajian nilai-nilai pendidikan dapat dimanfaatkan sebagai alternatif materi
pembelajaran apresiasi sastra tingkat SMA, khususnya cerpen, untuk mencapai
kompetensi dasar menemukan nilai-nilai cerita pendek melalui kegiatan diskusi,
menulis karangan berdasarkan pengalaman orang lain dalam cerpen, dan menemukan
nilai-nilai dalam cerpen yang dibacakan.