Show simple item record

dc.contributor.advisorFAHAMSYAH, Ermanto
dc.contributor.advisorPUSPANINGRUM, Galuh
dc.contributor.authorRAHADIANSYAH, Amanda Trivanny
dc.date.accessioned2021-03-30T03:45:51Z
dc.date.available2021-03-30T03:45:51Z
dc.date.issued2021-01-04
dc.identifier.nimNIM160710101367
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/103706
dc.description.abstractPerkembangan perekonomian telah menghasilkan beragam jenis dan variasi barang dan/atau jasa sehingga konsumen dihadapkan pada berbagai pilihan jenis barang dan/atau jasa yang ditawarkan. Pelaku usaha mengupayakan agar produk yang ditampilkan menarik dengan berbagai cara untuk mengikat konsumen salah satunya yaitu undian berhadiah. Namun, beberapa pelaku usaha menyalahgunakan cara itu untuk memperoleh keuntungan yang lebih besar sehingga mengakibatkan kerugian bagi konsumen. Kondisi tersebut akan menimbulkan permasalahan yang berkaitan dengan kepentingan konsumen. Permasalahan yang akan dibahas dalam skripsi ini yaitu Pertama, bentuk kerugian yang dialami oleh konsumen dengan dibatalkannya hadiah undian sebagaimana yang dijanjikan pelaku usaha. Kedua, tanggung jawab hukum jika dalam penjualan produk pelaku usaha menjanjikan suatu hadiah dan tidak ditepati. Ketiga, upaya yang dapat dilakukan oleh konsumen jika pelaku usaha dalam menjualkan produknya menjanjikan suatu hadiah yang tidak ditepatinya. Tujuan Khusus Penelitian ini Pertama, untuk memahami bentuk kerugian yang dialami oleh konsumen dengan dibatalkannya hadiah undian yang dijanjikan pelaku usaha. Kedua, untuk memahami bentuk tanggung jawab hukumnya dalam penjualan produk pelaku usaha menjanjikan suatu hadiah dan tidak ditepatinya. Ketiga, untuk memahami bentuk upaya yang dapat dilakukan oleh konsumen terkait pelaku usaha dalam menjualkan produknya menjanjikan suatu hadiah yang tidak ditepatinya. Metode penelitian yang digunakan untuk menjawab permasalahan tersebut yaitu tipe penelitian hukum Yuridis Normatif (Legal Research) yang berfokus untuk mengkaji penerapan kaidah-kaidah atau normanorma dalam hukum positif yang berlaku. Pendekatan yang digunakan dalam penulisan Skripsi ini menggunakan pendekatan Perundang-Undangan (Statute Approach) dan pendekatan konseptual (Conceptual Approach). Tinjauan pustaka yang terdapat dalam skripsi ini menguraikan tentang pengertian tanggung jawab hukum, teori tanggung jawab hukum, perlindungan hukum konsumen, asas-asas perlindungan hukum konsumen, tujuan perlindungan hukum konsumen, wanprestasi, bentuk dan syarat wanprestasi, penyebab terjadinya wanprestasi, akibat hukum wanprestasi, pengertian pelaku usaha, hak dan kewajiban pelaku usaha, pengertian konsumen, hak dan kewajiban konsumen, pengertian hadiah dan jenis-jenis hadiah. Hasil dari penelitian ini Pertama, bentuk kerugian yang dialami konsumen pada saat dibatalkannya undian gratis berhadiah oleh pelaku usaha sebagai akibat dari perbuatan pelaku usaha yang melawan hukum diantaranya kerugian Materiil dan kerugian Immateriil. Kedua, tanggung jawab hukum pelaku usaha atas kerugian yang diderita konsumen adalah berkaitan dengan kompensasi atau ganti kerugian yang telah ditimbulkan oleh pihak pelaku usaha yang menjanjikan suatu hadiah kepada konsumen yang sesuai dengan Pasal 7 huruf (g) dan Pasal 19 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Ketiga, upaya penyelesaian yang dapat dilakukan antara konsumen dengan pelaku usaha tersebut terkait kerugian konsumen, maka konsumen dapat langsung mengajukan pengaduan ke pihak pelaku usaha yang menjanjikan hadiah dan apabila pelaku usaha tersebut tidak menanggapi segala keluhan konsumen, maka konsumen dapat menyelesaikannya melalui jalur non-litigasi maupun litigasi. Saran yang dapat diberikan yaitu Pertama, kepada Pemerintah seharusnya memberikan regulasi terkait undian berhadiah dan memperketat pengawasan terhadap penyelenggara undian berhadiah. Kedua, kepada Pelaku usaha lainnya seharusnya lebih memperhatikan kewajiban pelaku usaha dan hak-hak konsumen sesuai dengan Undang-undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen. Ketiga, kepada Konsumen apabila terdapat kasus yang sama maka upaya penyelesaian yang dapat dilakukan yakni melalui jalur non litigasi agar dapat tercipta kedamaian antara konsumen dengan pelaku usaha.en_US
dc.language.isoInden_US
dc.publisherFakultas Hukumen_US
dc.subjectTanggung Jawab Hukumen_US
dc.subjectPerlindungan Hukum Konsumenen_US
dc.subjectWanprestasien_US
dc.titleTanggung Jawab Pelaku Usaha terhadap Pembatalan Sepihak Pemberian Hadiah yang Dijanjikan kepada Konsumen melalui Transaksi Jual Belien_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.prodiHukum
dc.identifier.kodeprodi0710101


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record