Studi Kualitatif pada Penggunaaan Sistem Informasi Data Korporasi Jasa Raharja (Dasi-Jr) (Studi Kasus : PT. Asuransi Jasa Raharja (Persero) Cabang Jember)
Abstract
Jasa Raharja merupakan sebuah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang
bergerak di bidang asuransi sosial. Tahun 2008, Jasa Raharja mulai menerapkan
sistem informasi berbasis website bernama Data Korporasi Jasa Raharja (DASIJR).
DASI-JR merupakan suatu sistem informasi terpadu dan terintegrasi yang
berkemampuan untuk menunjang seluruh kegiatan operasional di Jasa Raharja.
DASI-JR mulai diterapkan di kantor cabang Jember pada tahun 2009.
Berdasarkan hasil pra-wawancara terhadap karyawan Jasa Raharja Cabang Jember,
diketahui bahwa beberapa karyawan belum merasakan manfaat spesifik selama
menggunakan DASI-JR.
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kinerja DASI-JR dan mengkaji
secara mendalam manfaat penggunaan dan implikasi DASI-JR terhadap kinerja
pelayanan asuransi di Jasa Raharja. Pengkajian secara mendalam pada penelitian
ini menggunakan pendekatan kualitatif berbasis studi kasus yang dilakukan
dengan mengadakan wawancara semi-terstruktur kepada informan yang dalam
penelitian ini merupakan pihak-pihak yang terlibat langsung dalam penggunaan
DASI-JR. Hasil dari wawancara kepada informan akan dianalisis menggunakan
thematic analysis yang menganalisis secara mendalam dan menyeluruh untuk
menemukan tema. Selanjutnya, data yang telah dianalisis akan diuji keabsahannya
dengan menggunakan teknik triangulasi data untuk memastikan bahwa data yang
diperoleh sudah benar dan sesuai dengan kenyataan. Hasil dari pengkajian secara
mendalam terhadap DASI-JR ini diharapkan dapat menjadi informasi bagi
pengguna DASI-JR tentang manfaat penggunaan dan implikasi pada penggunaan
DASI-JR.