Pengaruh Kualitas Produk, Periklanan, Sales Promotion dan Perceived Risk terhadap Minat Beli Ulang Produk Clothing di Tokopedia (Studi Pada Konsumen di Kota Jember)
Abstract
Internet adalah salah satu hasil dari perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang membawa pengaruh positif maupun negatif pada kegiatan bisnis di Indonesia. Jumlah pengguna internet yang semakin bertambah dari tahun ke tahun membuka peluang pasar bagi pelaku bisnis berbasis internet atau e-commerce. Bentuk e-commerce yang banyak diminat di Indonesia saat ini adalah online marketplace, salah satunya adalah Tokopedia yang juga merupakan online marketplace dengan pengunjung bulanan terbanyak di Indonesia. Terdapat berbagai jenis barang yang dijual di Tokopedia seperti barang elektronik, pakaian, kecantikan, dan lain sebagainya. Di Tahun 2018, produk mobile & electronics mendominasi jumlah transaksi di Tokopedia dengan jumlah 22%. Kemudian disusul oleh produk fashion atau clothing di posisi kedua dengan jumlah 12%. Produk clothing berpotensi untuk berada di urutan pertama karena selain produk clothing merupakan kebutuhan primer, hasil survey pada situs databoks.katadata.id menunjukkan bahwa produk clothing adalah produk yang paling banyak dibeli melalui internet. Hal tersebut menandakan bahwa minat beli ulang pelanggan Tokopedia terhadap produk clothing perlu ditingkatkan. Oleh sebab itu Tokopedia harus mulai meningkatkan kinerjanya dalam mengelola faktor-faktor yang dapat mempengaruhi minat beli ulang produk clothing seperti kualitas produk, periklanan, sales promotion, dan perceived risk.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas produk, periklanan, sales promotion, dan perceived risk terhadap minat beli ulang produk clothing di Tokopedia. Pengambilan sampel penelitian ini dilakukan di Kota Jember dengan menggunakan metode purposive sampling dan ditentukan jumlahnya sebanyak 100 orang. Sumber data yang digunakan pada penelitian ini adalah data primer dan data sekunder.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas produk, periklanan, sales promotion, dan perceived risk berpengaruh positif signifikan terhadap minat beli ulang produk clothing Tokopedia.