Analisis Model Pembelajaran Sentra Seni Untuk Mengembangkan Kreativitas Anak Kelompok A2 di TK ARNI Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2020/2021
Abstract
TK ARNI Jember menunjukkan bahwa selama
kegiatan pembelajaran dari rumah, guru menerapkan pijakan penataan lingkungan
melalui penyusunan RPPDr dengan membuat indikator yang sesuai
perkembangan kreativitas anak, menyiapkan peralatan dan bahan, dan kegiatan
untuk anak. Untuk pijakan sebelum bermain, guru membuat video pembelajaran
untuk menstimulasi kreativitas anak dengan menjelaskan tugas dan berpesan agar
membuat karya sesuai idenya sendiri. Untuk pijakan saat anak bermain, dilakukan
dengan cara guru memberikan arahan agar anak membuat kreasi bersama
orangtua di rumah, di mana orangtua mendampingi kegiatan anak. Untuk pijakan
setelah main, guru mengumpulkan video hasil karya anak dalam kegiatan seni
seperti kolase, menggambar, mengkontur berbagai macam pola dan membuat
kreasi karya bersama orangtua. Selain itu, masing-masing orang tua melakukan
tanya jawab bersama anaknya di rumah terkait dengan kegiatan yang dikerjakan
oleh anak.