Analisa Pengaruh Aplikasi E-Commerce Klikindomaret terhadap Penerimaan Pengguna di Kabupaten Jember Menggunakan Technology Acceptance Model (TAM)
Abstract
KlikIndomaret merupakan inovasi dari Indomaret berupa one stop online store yang menyediakan berbagai macam produk dalam satu situs tanpa perlu datang langsung ke gerai Indomaret. KlikIndomaret itu sendiri sudah diterapkan khusunya di Kabupaten Jember, namun tidak semua Indomaret yang ada di Kabupaten Jember menerapkan aplikasi KlikIndomaret. Beberapa Indomaret di Kabupaten Jember yang telah menerapkan KlikIndomaret antara lain Indomaret Hayam Wuruk (Kaliwates), Indomaret Patrang, Indomaret Kencong, Indomaret Ambulu, Indomaret Kalisat 2, dan Indomaret Pajajaran (Sumbersari). Dalam pelaksanaan KlikIndomaret tidak serta merta mengalami kesuksesan, melainkan tidak lepas dari permasalahan yang timbul. Oleh karena itu, diperlukan analisa penerimaan pengguna untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang berpengaruh terhadap penerimaan aplikasi KlikIndomaret dengan menggunakan metode yang dikembangkan oleh Davis yang dikenal dengan Technology Acceptance Model (TAM).
Dalam TAM terdapat 4 variabel yang telah ditetapkan, selain itu ada penambahan 2 variabel eksternal dalam penelitian ini. Variabel-variabel yang digunakan dalam penelitian ini diantaranya persepsi terhadap manfaat (Perceived Usefulness), kemudahan penggunaan (Perceived Ease of Use), perilaku untuk tetap menggunakan (Behavior Intention to Use), kondisi nyata menggunakan sistem (Actual System Usage), kepercayaan (trust) dan persepsi risiko (perceived risk). Dari 6 variabel yang telah ditentukan terdapat 8 hipotesis yang akan diteliti. Dalam melakukan pengujian diperlukan pengolahan data dengan Structural Equation Model (SEM).