Perbaikan Tanah Lunak Dengan Metode Preloading Kombinasi PVD dan PHD Berdasarkan Data Analisa Balik (Studi Kasus: Proyek PPKA 4, Sumatera Selatan)
Date
2019-11-19Author
BACHTIAR, Muhammad Irsan Marwanda
NURTJAHJANINGTYAS, Indra
PUTRA, Paksitya Purnama
Metadata
Show full item recordAbstract
Proyek Pembangunan Jalan Tol Pematang Panggang – Kayu Agung Zona 4 (PPKA 4) merupakan salah satu
zona dari Proyek Pembangunan Trans Sumatera yang menghubungkan Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam (NAD) hingga Provinsi Lampung. Namun, jenis tanah berupa tanah lempung lunak menjadi problema pada pembangunan ruas jalan tol. Dengan kompresibilitas tinggi dan daya dukung rendah, sangat tidak mungkin untuk pembangunan ruas jalan tol dilakukan tanpa dilakukannya perbaikan tanah terlebih dahulu. Maka dari itu pihak kontaktor melakukan perencanaan Preloading kombinasi PVD dan PHD sebagai pilihan metode perbaikan tanah. Realitanya, hasil monitoring lapangan menunjukkan penurunan tanah yang terjadi sangat jauh berbeda dengan hasil perencanaan sebelumnya. Menggunakan data penurunan yang ada dilakukanlah analisa balik sehingga diperoleh parameter tanah baru yaitu Koefisien Konsolidasi Arah Horizontal (Ch), Koefisien Kompresibilitas Volume (mv), Permeabilitas Tanah Arah Vertikal (kv), dan Indeks Kompresi (Cc). Selanjutnya, dilakukan perencanaan berdasarkan parameter tanah baru guna menganalisa kebutuhan Preloading, PVD dan PHD yang lebih efisien dan akurat. Pada akhirnya akan ditemukan perbedaaan antara perencanaan awal dan perencanaan berdasarkan data hasil analisa balik. Berdasarkan data analisa balik, pada modul Preloading (STA 179 + 400 sampai dengan STA 179 + 550) didapatkan HTotal setinggi 4.4 m. Di modul ini pula dipasang 2879 titik Prefabricated Vertical Drains (PVD) dengan pola pemasangan segitiga berjarak 1.5 m sedalam 10 m. Sedangkan Prefabricated Horizontal Drain (PHD) dipasang sebanyak 101 titik aliran menyesuaikan pola dan jarak Prefabricated Vertical Drains (PVD) yang dipasang.
Collections
- LSP-Conference Proceeding [1874]