• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS: MELENGKAPI CERITA RUMPANG DENGAN BANTUAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS IV SDN MLOKOREJO 03 KECAMATAN PUGER KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011-2012

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi_Elok Faiqoh_001.pdf (376.9Kb)
    Date
    2013-09-12
    Author
    ELOK FAIQOH
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembelajaran Bahasa Indonesia khususnya pembelajaran melengkapi cerita rumpang memerlukan pemahaman terhadap kaidah-kaidah dalam menulis atau membuat sebuah karangan. Keterampilan menulis siswa perlu ditingkatkan agar siswa mampu menulis dengan baik dan benar. Siswa akan mampu mengekspresikan perasaan, pikiran dan gagasannya untuk hal-hal yang positif melalui bahasa tulis. Kemampuan melengkapi cerita rumpang pada siswa kelas IV SDN Mlokorejo 03 kurang baik. Hal ini terlihat dari ketidakmampuan siswa dalam menyesuaikan kalimat dengan cerita, dalam memilih kata dan dalam mengembangkan kalimat dalam cerita. Hal ini mempengaruhi ketuntasan belajar yaitu dari 21 siswa, hanya 4 siswa yang tuntas belajar (sesuai KKM yaitu ≥ 60), sedangkan 17 siswa tidak tuntas belajar. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam melengkapi cerita rumpang dibutuhkan pembelajaran yang lebih bervariasi untuk membantu siswa mengemukakan idenya dalam bentuk tulisan. Selain metode, media pembelajaran juga penting dalam proses belajar mengajar. Media gambar adalah salah satu media yang mudah pengadaannya serta media yang banyak diminati siswa. Dengan media gambar, siswa dibantu untuk mengungkapkan pikirannya dalam bentuk tulis. Berdasarkan hal-hal tersebut di atas, maka penelitian ini mengangkat permasalahan (1) bagaimanakah penerapan media gambar yang dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas IV SDN Mlokorejo 03 dalam melengkapi cerita rumpang ; (2) bagaimanakah peningkatan hasil belajar melengkapi cerita rumpang pada siswa kelas IV SDN Mlokorejo 03 setelah diterapkan penggunaan media gambar. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penerapan media gambar yang dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas IV SDN Mlokorejo 03 dalam melengkapi cerita rumpang ; (2) meningkatkan hasil belajar melengkapi cerita rumpang pada siswa kelas IV SDN Mlokorejo 03 dengan penggunaan media gambar. Penelitian ini dilakukan di SDN Mlokorejo 03 kecamatan Puger kabupaten Jember. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV dengan jumlah siswa 21 anak, terdiri atas 12 laki-laki dan 9 perempuan. Penelitian ini menggunakan model Hopkins yang meliputi : perencanaan, refleksi, tindakan, dan observasi untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data yang menggunakan empat teknik diantaranya tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. Setelah dilakukan pembelajaran melengkapi cerita rumpang dengan media gambar pada siklus I, siswa sudah mampu menyesuaikan kalimat dengan cerita, siswa juga sudah mampu memilih kata untuk melengkapi cerita rumpang, hanya saja siswa kurang mampu dalam mengembangkan kalimat hal ini akan diperbaiki pada siklus II. Rerata siswa naik dari 50 menjadi 55,2 pada siklus I ini. Dengan media gambar yang berbeda dari siklus I, pada siklus II guru lebih banyak membimbing siswa dalam mengembangkan kalimat dengan cara melakukan tanya jawab dan rerata siswa naik dari 55,4 menjadi 66,6. Dari peningkatan rerata ini terbukti bahwa dengan penerapan media gambar dalam pembelajaran melengkapi cerita rumpang dapat meningkatakan hasil belajar siswa. Diharapakan penelitian ini dapat menjadi referensi untuk mengembangkan pendidikan, agar semua pihak (peneliti, guru kelas, kepala sekolah) lebih memperhatikan apa yang terbaik untuk siswa dalam meningkatkan prestasinya. Dan untuk mahasiswa, diharapkan dapat digunakan sebagai bahan bacaan untuk mendapatkan pengetahuan dan pemahaman tentang materi pengajaran melengkapi cerita rumpang.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/1028
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository