PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS: MELENGKAPI CERITA RUMPANG DENGAN BANTUAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS IV SDN MLOKOREJO 03 KECAMATAN PUGER KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011-2012
Abstract
Pembelajaran  Bahasa  Indonesia  khususnya  pembelajaran melengkapi  cerita
rumpang memerlukan  pemahaman  terhadap  kaidah-kaidah  dalam  menulis  atau
membuat  sebuah  karangan.  Keterampilan  menulis  siswa  perlu  ditingkatkan  agar
siswa mampu  menulis dengan baik dan benar.  Siswa akan  mampu  mengekspresikan
perasaan, pikiran dan gagasannya untuk hal-hal yang positif melalui bahasa tulis.
Kemampuan melengkapi  cerita  rumpang pada  siswa  kelas  IV  SDN Mlokorejo
03 kurang  baik.  Hal  ini  terlihat  dari  ketidakmampuan  siswa  dalam menyesuaikan
kalimat dengan cerita, dalam memilih kata dan dalam mengembangkan kalimat dalam
cerita. Hal ini mempengaruhi ketuntasan belajar yaitu dari 21 siswa, hanya 4 siswa
yang tuntas belajar (sesuai KKM yaitu ≥ 60), sedangkan 17 siswa tidak tuntas belajar.
Untuk  meningkatkan  hasil  belajar  siswa  dalam  melengkapi  cerita  rumpang
dibutuhkan  pembelajaran  yang  lebih  bervariasi  untuk  membantu  siswa
mengemukakan  idenya  dalam  bentuk  tulisan.  Selain  metode,  media  pembelajaran
juga penting  dalam  proses  belajar  mengajar.  Media  gambar  adalah  salah  satu  media
yang  mudah  pengadaannya  serta  media  yang  banyak  diminati  siswa.  Dengan  media
gambar, siswa dibantu untuk mengungkapkan pikirannya dalam bentuk tulis.
Berdasarkan  hal-hal  tersebut  di  atas,  maka  penelitian  ini  mengangkat
permasalahan  (1) bagaimanakah  penerapan  media  gambar  yang  dapat  meningkatkan
kemampuan  siswa  kelas  IV  SDN  Mlokorejo  03  dalam  melengkapi  cerita  rumpang ;
(2) bagaimanakah  peningkatan  hasil  belajar  melengkapi  cerita  rumpang  pada  siswa kelas IV SDN Mlokorejo 03 setelah diterapkan penggunaan media gambar. Penelitian
ini  bertujuan  untuk  (1)  mendeskripsikan penerapan  media  gambar  yang  dapat
meningkatkan  kemampuan  siswa  kelas  IV  SDN  Mlokorejo  03  dalam  melengkapi
cerita  rumpang ; (2)  meningkatkan hasil  belajar  melengkapi  cerita  rumpang  pada
siswa kelas IV SDN Mlokorejo 03 dengan penggunaan media gambar.
Penelitian  ini  dilakukan  di  SDN Mlokorejo  03  kecamatan  Puger  kabupaten
Jember. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV dengan jumlah siswa 21 anak, terdiri
atas 12 laki-laki dan 9 perempuan. Penelitian ini menggunakan model Hopkins yang
meliputi  :  perencanaan,  refleksi,  tindakan,  dan  observasi  untuk  mengetahui
ketuntasan  hasil  belajar  siswa. Teknik  pengumpulan  data  yang  menggunakan  empat
teknik diantaranya tes, wawancara, observasi dan dokumentasi.
Setelah  dilakukan  pembelajaran melengkapi  cerita  rumpang  dengan  media
gambar pada siklus I, siswa sudah mampu menyesuaikan kalimat dengan cerita, siswa
juga sudah mampu memilih kata untuk melengkapi cerita rumpang, hanya saja siswa
kurang mampu dalam mengembangkan kalimat hal ini akan diperbaiki pada siklus II.
Rerata siswa naik dari 50 menjadi 55,2 pada siklus I ini. Dengan media gambar yang
berbeda  dari  siklus  I,  pada  siklus  II  guru  lebih  banyak  membimbing  siswa  dalam
mengembangkan  kalimat  dengan  cara  melakukan  tanya  jawab dan  rerata  siswa  naik
dari 55,4 menjadi 66,6. Dari peningkatan rerata ini terbukti bahwa dengan penerapan
media gambar dalam pembelajaran melengkapi cerita rumpang dapat meningkatakan
hasil belajar siswa.
Diharapakan  penelitian  ini  dapat menjadi  referensi  untuk  mengembangkan
pendidikan,  agar  semua  pihak  (peneliti,  guru  kelas,  kepala  sekolah)  lebih
memperhatikan  apa  yang  terbaik  untuk  siswa  dalam  meningkatkan  prestasinya.  Dan
untuk  mahasiswa,  diharapkan  dapat  digunakan  sebagai  bahan  bacaan  untuk
mendapatkan  pengetahuan dan  pemahaman  tentang  materi  pengajaran  melengkapi
cerita rumpang.
