Show simple item record

dc.contributor.advisorNURIMAN
dc.contributor.advisorWARDOYO, Arik Aguk
dc.contributor.authorRUSYDIANA, Mayu
dc.date.accessioned2020-12-20T13:34:16Z
dc.date.available2020-12-20T13:34:16Z
dc.date.issued2020-09-17
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/102787
dc.description.abstractKurikulum 2013 menyarankan keutamaan penggunaan model pembelajaran dengan pendekatan tematik integratif, dimana pendekatan tersebut mengintegrasikan pengetahuan, keterampilan, nilai atau sikap pembelajaran serta pemikiran kreatif dengan menggunakan tema. Kemampuan berpikir tingkat tinggi merupakan salah satu potensi yang dibutuhkan oleh peserta didik pada zaman perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi seperti saat ini. Higher order thinking skills peserta didik dapat ditingkatkan melalui strategi pembelajaran yang baik, seperti penggunaan model project based learning di dalam kelas. Menurut referensi jurnal masih jarang penelitian untuk mengukur higher order thinking skills dengan menggunakan model PjBL dan guru kelas V di SDN Sumbersari 03 Jember masih belum pernah menggunakan model PjBL dan guru masih dominan menggunakan metode ceramah dalam proses pembelajaran, maka dari itu peneliti mencoba untuk menerapkan model project based learning dalam pembelajaran. Rumusan masalah pada penelitian ini yakni bagaimana pengaruh model project based learning terhadap higher order thinking skills pada peserta didik kelas V sekolah dasar. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap higher order thinking skills pada peserta didik kelas V sekolah dasar. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Sumber sari 03 Jember dengan menggunakan jenis penelitian quasi experimental dengn pola pretest-posttes control group design. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VA (29 peserta didik) dan kelas VC (27 peserta didik). Peneliti terlebih dahulu melakukan uji homogenitas terhadap semua kelas V di SDN Sumbersari 03 Jember, dengan menggunakan nilai ujian tengah semester. Hasil uji homogenitas dengan menggunakan uji ANOVA mendapat nilai signifikansi sebesar 0,204 sehingga dinyatakan homogen karena nilai yang dihasilkan lebih dari 0,05 yaitu 0,204 > 0,05. Penentuan kelas eksperimen dan kelas kontrol dilakukan dengan teknik simple random sampling dan hasilnya kelas VC sebagai kelas eksperimen dan kelas VA sebagai kelas kontrol. Data yang dianalisis yaitu berupa beda nilai pretest dan posttest pada kelas eksperimen dan kelas kontrol menggunakan analisi uji-t. Hasil perhitungan diperoleh hasil thitung sebesar 4,480, kemudian dikonsultasikan ttabel yang diketahu db = (27+29)-2 = 54 pada taraf signifikansi 5% sehingga diperoleh nilai ttabel = 0,2632. Hasil uji-t menunjukkanhasil yang signifikan dengan thitung ≥ ttaebl yaitu 4,480 ≥ 0,2632, maka hipotesis alternatif (Ha) yang menyatakan ada pengaruh dari model project based learning terhadap higher order thinking skills pada peserta didik kelas V sekolah dasar. Hasil analisis data dapat ditarik kesimpulan bahwa pencapaian hasil peserta didik kelas eksperimen (VC) yang menerapkan model project based learningi lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol (VA) yang tidak menerapkan model project based learning. Model project based learning diharpakan menjadi alternatif mofrl yang inovatif bagi guru dan dapat dijadikan bahan rujukan bagi peneliti selanjutnya.en_US
dc.language.isoInden_US
dc.publisherProgram Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember 2020en_US
dc.relation.ispartofseries160210204010;
dc.subjectmodel project based learningen_US
dc.subjectproject based learningen_US
dc.subjecthigher order thinking skillsen_US
dc.subjecttematik integratifen_US
dc.titlePengaruh Model Project Based Learning (Pjbl) Terhadap Higher Order Thinking Skills Pada Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasaren_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.kodeprodi2102040


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record